Breaking News

December 14, 2020

Puluhan Warga Desa Tungkal Selatan, Pariaman Unjuk Rasa di Depan Kantor Desa

Aksi damai warga desa Tungkal Selatan di depan kantor desa

FS.Pariaman(SUMBAR)-
Puluhan Warga Desa Tungkal Selatan Lakukan Aksi Demo di Depan Kantor Desa Tungkal Selatan Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariman pada, Senin pagi (14/12).


Salah seorang peserta demo Fauzan (35) mengatakan, aksi yang mereka lakukan yakninya menuntut hasil penerimaan perangkat Kepala Seksi (Kasi) pelayanan dan pemerintahan di desa itu.


"Kami menduga adanya kecurangan saat seleksi, informasi ini disampaikan oleh adik-adik kami yang merupakan warga Tungkal Selatan yang mengikuti seleksi," sebut Fauzan.


Ia mengatakan pada saat tes komputer aplikasi yang digunakan oleh peserta warga Tungkal Selatan diserang virus sedangkan peserta seleksi yang diterima dan bukan warga setempat tidak mengalami permasalahan sehingga dapat menjalankan tes dengan lancar.


Fauzan, menyampaikan permasalahan tersebut telah disampaikan peserta kepada panitia seleksi (Pansel) saat tes komputer namun tidak membuahkan hasil.


"Kami sudah menyampaikan hal ini kepada kepala desa dan ia berjanji untuk menindaklanjutinya, namun ternyata hasil seleksi sudah keluar," ungkapnya.


Fauzan, mengatakan untuk menentang hasil seleksi tersebut warga di daerah itu merencanakan aksi demo ke kantor desa setempat pada Senin sekitar pukul 10.00 WIB namun dibatalkan karena adanya mediasi yang dilakukan oleh Polsek Pariaman.


"Hasil dari mediasi dengan Kapolsek Pariaman tadi yaitu akan dilakukan pertemuan kembali antara pihak warga dengan Pansel dan kepala desa. Namun jika tuntutan warga tidak ditindaklanjuti maka pihaknya akan melanjutkan aksi yang dibatalkan pada hari ini," pungkasnya


Sementara itu, Kepala Desa Tungkal Selatan Rahayadi Ningrat mengatakan pihaknya melaksanakan penerimaan Kasi Pelayanan dan Kasi Pemerintahan yang sifatnya terbuka atau dapat diikuti oleh warga di luar desa.


"Hal itu sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2018 tentang Perangkat Desa," sebut dia.


Kepala Desa menyampaikan penerimaan Kasi. tersebut melibatkan Pansel tingkat Kota Pariaman.


"Dalam pelaksanaannya tes seleksi untuk tahap pertama dilaksanakan oleh desa yang soalnya berasal dari Pansel tingkat kota. Untuk seleksi berikutnya, dilaksanakan tes komputer yang diselenggarakan oleh Pansel tingkat kota," ungkapnya


Lebih lanjut Kades. Menyampaikan, dari dua penerimaan perangkat desa itu, penerimaan Kasi Pemerintahan tidak bermasalah, namun untuk penerimaan Kasi Pelayanan terjadi permasalahan.


"Kita telah meminta warga yang tidak menerima hasil tersebut untuk membuat surat yang ditujukan kepada panitia seleksi (Pansel) tingkat kota. Dan persoalan ini telah diketahui, rencananya besok kami akan melaksanakan pertemuan antara warga dengan Pansel guna menyelesaikan permasalahannya," ujar dia.


Sedangkan, Plt. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Pariaman Afwandi mengatakan pihaknya menilai penerimaan Kasi tersebut telah sesuai dengan aturan yang ada.


"Tes-nya terbuka dan transparan, malahan hasilnya keluar setelah satu jam tes dilaksanakan. Jadi tidak ada permainan," tambahnya.


Afwandi menjelaskan tidak ada Pansel tingkat kota untuk penerimaan perangkat desa namun mungkin yang dimaksud  oleh kepala desa yaitu pihak dinas tersebut untuk membantu pelaksanaan penerimaan perangkat desa agar sesuai dengan aturan.


"Lagi pula sebagaimana aturan yang ada, tidak ada larangan orang di luar desa setempat, untuk mengikuti seleksi penerimaan Kasi. yang ditempatkan di kantor desa," tutupnya (war)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!