Breaking News

Connect With us

December 21, 2020

Wali Kota Mahyeldi Raih Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra dari KLHK


FS.Padang(SUMBAR)-Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah terus menambah pundi-pundi prestasinya berkat kesuksesan dan kinerja baiknya dalam memimpin Kota Padang sejauh ini.


Orang nomor satu di Ibukota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) itu pun kali ini menerima penghargaan Green Leadership "Nirwasita Tantra" Tahun 2019 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).


Penghargaan tersebut diterima Mahyeldi secara virtual dari Gedung Putih Kediaman Resminya, jl. A. Yani No.11 Padang, Senin (21/12/2020). 


Sementara, Menteri LHK Siti Nurbaya sendiri, menyerahkan penghargaan tersebut secara faktual dalam acara Penganugerahan Green Leadership Nirwasita Tantra Tahun 2019 dan Kalpataru Tahun 2020 di Aboretum Ir.Lukito Daryadi M.Sc Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta.


Seperti diketahui, kesuksesan Wali kota Padang Mahyeldi menerima penghargaan tersebut dikarenakan mampu mengelola lingkungan hidup di kota yang ia pimpin dengan baik. Begitu juga sebagai kepala daerah yang dapat mengeluarkan kebijakan berwawasan lingkungan dan mendukung program kota hijau yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat. 


"Alhamdulillah, atas nama pemerintah kota dan warga Kota Padang, kita tentu sangat bersyukur bisa meraih penghargaan ini. Hal tersebut tidak lepas dari kerja keras dan dukungan semua pihak terutama warga Kota Padang. Semoga pencapaian ini senantiasa kita jaga dan kita tingkatkan hingga masa-masa mendatang," ujar Wako Mahyeldi didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mairizon usai menerima penghargaan. 


Senada dengan itu, Kepala DLH Kota Padang Mairizon mengungkapkan, penghargaan yang diterima adalah berkat sejumlah inovasi yang dilakukan khususnya DLH Kota Padang dalam pengelolaan lingkungan. Untuk penghargaan ini Kota Padang masuk dalam kategori Kota Besar dan tergabung dari tiga kota di Indonesia yang menerimanya.


"Kata kunci penerimaan penghargaan ini adalah inovasi yang kita lakukan. Alhamdulillah, cukup banyak inovasi yang telah kita lakukan sejauh ini. Diantaranya mulai dari inovasi terkait prioritas lemahnya penegakan hukum, inovasi terkait isu prioritas pengelolaan sampah, inovasi isu prioritas pembangunan tidak ramah lingkungan dan inovasi terkait isu prioritas banjir," sebutnya.

 

Mairizon lalu menambahkan, penghargaan yang diterima juga tidak lepas dari kerjasama yang telah terjalin baik antara Pemerintah Kota Padang dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang selama ini serta dukungan anggaran kegiatan yang meningkat setiap tahunnya. 


"Disamping itu, dukungan dari organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkup Pemko Padang dan stakeholder terkait. Penghargaan serupa juga diterima Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani untuk Kategori DPRD Tingkat II kategori Kota Besar," ungkap dia.


Sementara itu, Menteri LHK Siti Nurbaya dalam sambutan dan arahannya mengatakan, perihal lingkungan daerah sejatinya sangat bergantung kepada kebijakan setiap kepala daerah. 


"Keberhasilannya itu ditopang oleh dua hal. Yakni programnya didukung oleh DPRD dan implementasi programnya dilaksanakan oleh birokrasi yang baik. Maka dari itu, kami sangat menyambut baik pemberian penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra yang digelar tiap tahun ini. Program ini penting bagi KLHK dimana sudah dimulai sejak 2016 yang lalu," sebutnya.


Lebih lanjut Menteri Siti mengatakan, pemberian penghargaan ini tentu menjadi amanah bagi penerimanya untuk tetap menjaga dan meningkatkan kepeloporan serta upaya-upaya pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan.


"Semoga ajang ini akan terus memicu dan memacu setiap daerah dalam meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan di negara yang kita cintai ini. Selamat bagi penerima penghargaan," tukas menteri perempuan tersebut mengakhiri.(David/* Prokompim)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!