Breaking News

February 1, 2021

Kota Padang Jadi Pilot Project Program Sekolah Penggerak Kemendikbud RI


FS.Padang(SUMBAR) - Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat terpilih menjadi pilot project pelaksanaan program Sekolah Penggerak yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. 


Hal itu disampaikan Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah ketika menghadiri secara virtual Peluncuran Merdeka Belajar Episode 7:  Program Sekolah Penggerak oleh Mendikbud RI Nadiem Anwar Makarim, di Ruang VIP Rumah Dinas Wali Kota Padang, Senin (1/2/2021).


"Atas nama Pemerintah Kota Padang kita mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan pemerintah pusat. Kita mendukung dan bertekad menyukseskan program tersebut demi terciptanya pelajar Pancasila," sebutnya. 


Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Habibul Fuadi mengatakan, Kota Padang terpilih bersama dengan 132 kabupaten/kota di Indonesia sebagai pilot project Program Sekolah Penggerak tahun ajaran 2021/2021.


"Kita menyambut gembira terpilih menjadi bagian pilot project Program Sekolah Penggerak, yang mana hal ini tentunya akan mendorong percepatan peningkatan kualitas sekolah di Kota Padang," ujar Kadis. 


Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang itu menambahkan, Pemerintah Kota Padang telah melakukan berbagai kesiapan dalam melaksanakan sekolah pergerak, mulai dari kesiapan anggaran, MoU dengan Kementerian Kemendikbud RI hingga nantinya kerjasama kepala dinas dengan kementerian terkait.   


"Pada tahun ini kita diminta menyiapkan satu Sekolah Dasar (SD), satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai pilot project sekolah penggerak. Program ini akan terus berlanjut setiap tahunnya hingga sekolah di Kota Padang masuk dalam sekolah penggerak," sebutnya.   


Seperti diketahui, Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.


Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).


Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak. (Mul*/Prokompim Pdg).

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!