Breaking News

Connect With us

July 7, 2021

Studi Program Keagamaan, Wabup 50 Kota Kunjungi Kota Arang, Sawahlunto


FS. Sawahlunto(SUMBAR)-
 Kota Sawahlunto, Sumatera Barat yang dinakhodai oleh pasangan Walikota (Wako)  Deri Asta, SH dan Wakil Walikota (Wawako)  Zohirin Sayuti, SE telah berhasil sukses menjalankan  Program Rumah Tahfidz Quran (RTQ). Tidak tanggung-tanggung  Program ini berhasil menyita perhatian  Kabupaten/ Kota lain di Sumatera Barat.


Wakil Bupati (Wabup) 50 Kota  Riski Kurniawan Nakasari, bersama jajaran Dinas terkait melakukan kunjungan ke Sawahlunto untuk mempelajari program RTQ  tersebut. Humas Pemko Sawahlunto dalam rilisnya hari ini menyebutkan kunjungan Wabup Riski Kurniawan itu disambut baik oleh Wawako Zohirin Sayuti,  Jum’at 02 Juli 2021 lalu. 


“Kami telah mendengar di Sawahlunto ini, program – program keagamaan seperti rumah tahfidz, pembayaran insentif guru TPQ , imam masjid, muazim, gharim masjid dan lainnya itu berjalan baik dan berhasil. Karena itu, kami datang untuk melihat dan berdiskusi langsung dengan jajaran Pemko Sawahlunto” kata Wabup Riski Kurniawan Nakasari saat itu.


Menerima kunjungan tersebut  Zohirin Sayuti menyebutkan bahwa program keagamaan yang dijalankan Pemko Sawahlunto didasarkan pada misi Pemko Sawahlunto, yakni  ‘’menciptakan kehidupan beragama dan berbudaya yang semakin baik’’. 


“Misi ini kami terjemahkan dalam berbagai program/kegiatan, antara lain ; Rumah Tahfidz Quran, TPQ/TPSQ, didikan subuh, konsultasi agama, pelatihan guru tahfidz untuk guru SD dan SMP, dan lain – lain,” kata Wawako Zohirin Sayuti. 


Wawako juga jelaskan kalau saat ini di Sawahlunto guru TPQ/TPA/TPSQ berjumlah 454 orang, guru tahfidz berjumlah 35 orang, imam masjid berjumlah 23 orang, muadzin berjumlah 23 orang, gharim masjid berjumlah 86 orang, penyelenggara jenazah berjumlah 25 orang dan konsultan agama berjumlah 8 orang. 


“Untuk memotivasi dan membantu meningkatkan pendapatan mereka yang telah membantu Pemko dalam bidang agama ini, kami menganggarkan insentif. Adapun besarannya yakni ; guru TPQ/TPA/TPSQ sebesar Rp. 500 ribu/bulan, guru tahfidz sebesar Rp. 1.500.000,-/bulan, imam masjid sebesar Rp. 1.250.000,-/bulan, muadzin sebesar Rp. 750 ribu/bulan, gharim masjid sebesar Rp. 500 ribu/bulan, penyelenggara jenazah sebesar Rp. 500 ribu/bulan, dan konsultan agama sebesar Rp. 1.700.000,-/bulan,” kata Wawako Zohirin Sayuti. 


Kemudian, Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto, Asril yang turut mendampingi Wawako menyampaikan bahwa tahun 2021 ini, sejumlah 156 orang pelajar SD kelas VI telah lulus hafiz Quran 1 juz. Sementara, pelajar SMP kelas IX yang telah lulus hafiz Quran 2 juz adalah 25 orang. Jumlah ini akan terus diupayakan untuk ditingkatkan sehingga kedepannya anak-anak di Kota Sawahlunto lebih banyak yang menjadi Hafidz dan Hafidzoh. (PM)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!