Breaking News

Connect With us

August 4, 2021

Jaga Daya Beli Masyarakat Dimasa Pandemi, Pemkab Pessel Lakukan Percepatan Serapan Anggaran PEN

                                                            04 Agustus 2021

Kepala Dinas PMDP2KB Pessel, Wendi

FS.Pessel(SUMBAR)-
Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) melakukan percepatan serapan anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Hal itu dilakukan untuk menjaga daya beli masyarakat di masa Pandemi Covid 19.

"Salah satu anggaran PEN tersebut adalah dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD). Hingga kini, penyaluran dana BLT DD sudah terealisasi 55 persen atau Rp 10 miliar dari total alokasi anggaran BLT DD sebesar Rp 19 miliar," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDP2KB), Wendi, Rabu (4/8) di Painan.

Dijelaskan, pemerintah pusat telah menggulirkan program PEN di masa Pandemi Covid 19. Sedangkan dana BLT DD merupakan bagian dari program PEN tersebut.

Disebutkan, untuk tahun 2021 ini dana BLT DD disalurkan kepada 5.600 masyarakat kurang mampu terdampak Pandemi Covid 19 yang tersebar pada 128 nagari di Kabupaten Pesisir Selatan.

Lanjutnya, percepatan penyaluran dana BLT DD dilakukan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang meminta pemerintah daerah mempercepat dan memudahkan pengambilan BLT DD tersebut.

Selain itu menurut Wendi, dalam rangka meningkatkan daya beli dan daya saing masyarakat, pemerintah daerah juga memperbesar kesempatan masyarakat untuk mengikuti program padat karya yang dibiayai dari dana desa.

"Ya, saat ini porsi kegiatan padat karya dalam struktur pembiayaan kegiatan dari dana desa sebesar 50 persen, sebelumnya hanya 30 persen," jelas Wendi.(03/hms pessel)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!