Breaking News

Connect With us

August 10, 2022

HARAPAN KNPI KOTA PARIAMAN KEDEPAN


                                 Oleh : Afriade Zapri Zaldi, S.IP

FS.Pariaman(SUMBAR)-20 Agustus 2022 adalah momentum bagi pemuda kota Pariaman untuk berbagi gagasan dan ide dimana akan berlangsungnya Musyawarah Daerah VI Komite Nasional Pemuda Indonesia (Musda VI KNPI) bertepatan juga dengan menjelang bulan kemerdekaan republik Indonesia, jadikanlah Musyawarah Daerah VI KNPI Kota Pariaman kedepan sebagai semangat baru perjuangan untuk merangkul pemuda, KNPI satu, Pariaman Maju. 


Sebagaimana KNPI merupakan wadah berhimpunnya organisasi kepemudaan yang penuh dengan warna, untuk itu sudah saatnya KNPI kembali menempati rumah gadang, agar persatuan pemuda, OKP Kota Pariaman semakin lebih kokoh dalam kebangkitan dari ketertinggalan. Persoalan bangsa yang semakin kompleks, persatuan dan kesatuan rentan di adu domba dengan berita hoaxs maka diperlukan ketangguhan Pemuda Indonesia dalam wadah KNPI untuk bisa lebih berperan aktif dalam menangkal laju arus informasi yang cenderung bisa mecah belah persatuan bangsa.


Sebagai organisasi kader bangsa, Pemuda musti selalu merefleksikan sejarah bahwa KNPI yang dideklarasikan oleh para pemuda Indonesia pada tanggal 23 Juli 1973 adalah cikal bakal lahirnya pemimpin bangsa kedepan. KNPI harus kembali sebagai organisasi Pemuda yang kuat, dan merupakan simbol bersatunya pemuda Indonesia. Dengan demikian fungsi sebagai laboratorium kader untuk melahirkan tokoh pemimpin bangsa benar-benar bisa diwujudkan.


Penyegaran dalam tubuh KNPI harus menata kembali organisasinya, melakukan penyegaran terhadap capaian sasarannya seiring dengan realitas politik, ekonomi, budaya saat ini, Independen KNPI yang tidak berada di balik kepentingan Partai politik menjadi sebuah keharusan. 


Untuk KNPI kedepan harus ada gebrakan positif yang bisa memajukan organisasi. Tentu itu semua erat kaitannya dengan bagaimana pengurus terpilih dan semua anggota bisa berkerja lebih keras dan terukur dalam menggerakkan roda organisasi dengan tetap fokus dengan program-program yang telah digariskan organisasi. Agar pemuda  maupun mayarakat umum merasakan keberadaan KNPI, Sehingga tidak ada lagi pemuda dan masyarakat memilih bersifat apatisme terhadap keberadaan organisasi.


Kita mengharapkan dengan kepengurusan DPD KNPI Kota Pariaman kedepan ini bisa membawa organisasi ini kearah percepatan pencapaian tujuan organisasi. Sehingga kita tidak hanya berkutat di satu titik saja melainkan bisa melebarkan sayap di semua bidang untuk menegaskan kiprah KNPI khususnya dalam pembangunan Kota Pariaman serta bangsa Indonesia.


Semua kita tentu tidak menginginkan KNPI hanya sekadar dijadikan organisasi persinggahan untuk menjadi batu loncatan bagi segelintir orang untuk memperoleh kekuasaan tertentu. Besar harapan kita terhadap siapa pun yang diamanahkan di kepengurusan KNPI bisa membawa KNPI menjadi wadah organisasi kepemudaan (OKP) dalam mewujudkan generasi muda yang mempunyai jiwa Leadership yang Intelektual, Religious, Nasionalisme, Humanity dan Entrepreneurd  dalam nilai kearifan lokal (local Wisdom) serta ikut berperan nyata dalam pembangunan daerah maupun skala nasional.


Di sisi lain, kita juga mengharapkan bagaimana KNPI Kota Pariaman bisa berkolaborasi dengan semua OKP yang ada. Jangan hanya didominasi oleh OKP tertentu saja melainkan semua OKP yang ada di Kota Pariaman bisa tetap diikutsertakan. Sehingga keberadaan KNPI ini bisa dirasakan oleh setiap lapisan elemen bukan hanya mereka yang tergabung dalam OKP saja tetapi mereka yang saat ini mungkin masih diluar bisa ikut merasakan peran KNPI tersebut. Karena KNPI adalah tempat naungan para pemuda dalam meneguhkan semangat kebersamaan.

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!