Breaking News

December 19, 2022

Wako Genius Umar Buka Rakor BUMDes se Kota Pariaman

                                                       19 Desember 2022

FS.Pariaman(SUMBAR)-Wali Kota Pariaman Genius Umar membuka rapat koordinasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se Kota Pariaman Tahun 2022 di Aula SMKN 2 Pariaman, Senin (19/12).


Dalam sambutannya, Genius Umar mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang telah hadir pada rakor ini.


“Rakor BUMDes ini merupakan hal yang sangat penting dilaksanakan, dimana melalui rakor ini kita dapat membahas dan mengevaluasi apa saja yang menjadi kendala BUMDes yang ada di Kota Pariaman masih jalan ditempat dan bagaiamana jalan keluar agar BUMDes di Kota Pariaman mampu meningkatkan PAD didesa yang ada Kota Pariaman, “ ungkapnya.


BUMDes adalah badan hukum yang didirikan oleh desa dan/atau bersama desa-desa guna mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, dan/atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.


“Saat ini Kota Pariaman telah memiliki 48 BUMDes dan 1 BUMDes bersama, namun yang sudah memiliki badan hukum baru 5 BUMDes. Meskipun saat ini telah banyak BUMDes yang terbentuk, tetapi kondisinya masih jalan ditempat. Hanya ada 1 atau 2 BUMDES yang mulai maju. Mungkin salah satu faktornya adalah pandemi Covid-19 yang melanda, “ ujarnya.


Ia menambahkan untuk faktor lain yang membuat BUMDes di Kota Pariaman terhenti atau jalan ditempat antara lain kurang tepat dalam menentukan usaha. Manajemen dan SDM BUMDes yang tidak sesuai juga menjadi pemicu BUMDes tersebut berhenti. Tidak hanya itu, hubungan antara pihak BUMDES dan pemerintahan desa juga memperngaruhi perkembangan BUMDes, oleh karena itu hari ini kita akan bahas itu semua sehingga kedepannya BUMDES di Kota Pariaman kembali bangun dan berkembang.


“Semoga saja setelah rakor ini dilaksanakan, semua BUMDes di Kota Pariaman akan mampu menambah pendapatan asli desa sehingga desa tersebut akan maju dan berkembang. Yang paling penting dan harus diingat oleh pengurus BUMDes dalam mencari usaha adalah jangan sampai mematikan usaha masyarakat disekitar, “ tutupnya.(wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!