Breaking News

December 31, 2022

Wawako Pariaman Ajak Masyarakat Kembali Lestarikan Budaya Daerah

                                                       30 Desember 2022

FS.Pariaman(SUMBAR)-Pemerintah Desa Tungkal Utara, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, adakan sosialisasi tentang lembaga adat bagi aparatur desa, perangkat desa dan masyarakat pada Jum'at (30/12/2022)


Kegiatan ini diadakan di gedung Serba Guna Desa Tungkal Utara. Dalam rangka pelestarian Budaya Adat Alam Minangkabau dengan tema “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK)” 


Dibuka Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin, sekaligus sebagai pemateri.


Menurut Mardison, saat ini, pemahaman generasi muda Minang terhadap budaya adat istiadat mulai terasa kurang.


Kondisi ini mengindikasikan telah mulai terjadi degradasi budaya di kalangan generasi muda Sumatera Barat, khususnya di Kota Pariaman.


“Oleh karena itu,kita tentunya menyambut baik diselenggarakannya kegiatanLembaga Adat Desa ini sebagai upaya pelestarian budaya dan adat Minang, khususnya bagi kita di Kota Pariaman,” ujar Mardison.


Mardison sampaikan kepada para peserta yang hadir, sebagai tokoh mamak dalam kehidupan kaum keluarga harus lebih memperhatikan kembali nilai-nilai budaya dan tutur kata dalam masyarakat kita sebagai masyarakat sosial.


“Jangan sampai nantinya, generasi kita selanjutnya melupakan bahkan tidak tau dengan keanegaragaman adat istiadat dan budaya kita, ini menjadi tugas pokok juga bagi lelaki minang khususnya piaman untuk mengajarkan kepada generasi anak kemenakan kita tentang tata cara nilai budaya kita sebagai kebanggaan kita di minangkabau ini,” jelas Mardison.


Mardison berharap, untuk kedepan, laksanakanlah program dan kegiatan pada masing-masing lembaga dengan program prioritas yang betul-betul diperlukan oleh masyarakat. Kembangkanlah kembali kepada generasi muda kita untuk belajar pepatah/petitih dan seni budaya yang ada di desa.(wrm)


MC Kota Pariaman

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!