Breaking News

February 8, 2023

Awal Bulan Ini, BPKAD Sarolangun Proses Pengajuan Pencairan UP


FS.Sarolangun(JAMBI)-
Memasuki awal bulan februari ini, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sarolangun sudah mulai melakukan proses pencairan Uang Persediaan (UP) awal dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Sarolangun.


Kepala BPKAD Sarolangun Emalia Sari mengatakan bahwa sampai saat ini pihaknya sudah banyak menerima pengajuan pencairan up tersebut, yang merupakan uang muka yang digunakan untuk membiayai kegiatan operasional sehari-hari di masing-masing SKPD.


" Termasuk cepat ini Minggu pertama Februari sudah bisa up, kendala tidak ada karena memang perlu persiapan dan proses harus kita lalui, melalui tahapan-tahapan sampai masuk ke tahapan pengajuan SP2D.  Sampai hari ini banyak sudah menerima pengajuan pencairan up, dan kita juga mengejar untuk pencairan honor TKD, katanya, Senin (06/02/2023) kepada media ini.


Emalia Sari juga menjelaskan bahwa proses pencairan up ini bisa dilakukan setelah melalui sejumlah tahapan dan memenuhi persyaratan. Mulai dari menyiapkan RKA-DPA, Menginput anggaran khas, menyiapkan SPT, menghitung UP, menyiapkan UP, memfinalkan SK PA, KPA dan Bendahara.


" Karena kemarin kan baru menerbitkan SK awal untuk gaji yang Januari, artinya SKPD mendefenitifkan lagi yang bendahara untuk kegiatan 2023 silahkan usulkan, administrasi harus disiapkan, membuat SK PPTK, menginput di aplikasi RUP di ULP, Kalau persyaratan cukup SKPD bisa mengajukan up," katanya.


Selain itu, OPD juga saat ini bisa melakukan pengajuan pencarian untuk gaji Tenaga Kontrak Daerah (TKD) pada bulan Januari, tentunya sudah siap bahan agar diajukan. Untuk anggaran UP, lanjutnya biasanya dihitung SKPD langsung dengan bidang perbendaharaan, dibahasnya satu-satu, mana yang bisa cair secara LS, secara Tambah Uang (TU).


" Artinya diluar itu kita lakukan pencairan up dan itu akan diteruskan dengan pencairan ganti uang sesuai dengan yang bisa di SPJ kan. Kalau gu setelah up di spjkan, kalau SKPD cepat mengspjkan, syaratnya lengkap untuk pengajuan gu berikutnya silahkan diajukan," katanya.


Penulis : iksan id

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!