Breaking News

May 10, 2021

Tahun Ini UNP Menerima 10.400 Mahasiswa Baru, Ini Rinciannya


FS.Padang(SUMBAR)-Untuk Tahun Ajaran 2021/2022, Universitas Negeri Padang (UNP) kembali menerima mahasiswa baru untuk jalur mandiri dan prestasi. Bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar bisa dilakukan melalui website http://spmb.unp.ac.id/mandiri sejak 5 April hingga 18 Juni 2021 mendatang.


Reltor UNP, Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd., Ph.D mengatakan, untuk tahun ini kami menerima mahasiswa baru sebanyak 10.400 orang kurang lebih.

“Jumlah ini merupakan jumlah rata-rata tiap tahunnya yang diterima di kampus. Untuk jalur S1 sebanyak 8200 orang, D3 1200 orang, dan jalur pascasarjana sebanyak 1000 orang, ” ujarnya saat konferensi pers di ruangan senat UNP.

Untuk tahun ini, UNP juga memiliki program studi baru, yakni program S3 Ilmu Kedokteran. “Dan penerimaannya juga akan dilakukan untuk bulan Juli s/d Desember untuk program doktor. Paling banyak kita terima 12 s/d 15 , ” katanya.

Ganefri menambahkan, untuk Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) sebagai promotor utama karena SK nya baru keluar. “Khusus untuk olahraga, kita memiliki ilmu keolaragaan linear, mulai dari S1, S2, dan S3, sehingga berharap sport science ini bisa meningkatkan prestasi olahraga Sumbar dan nasional. Program S3 Ini satu-satunya di Sumatera dan hanya UNP yang baru mendapatkan izin, ” jelasnya.

Selain itu UNP juga menerima peluang bagi hafidz quran mulai dari 10 juz hingga 30 juz serta prestasi olahraga ketika SLTA. “Ini kita berikan karna mereka berkontribusi untuk daerah Ini penerimaannya melalui jalur prestasi dengan seleksi mandiri, ” terangnya.

UNP juga memberikan beasiswa untuk program D3 dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) UNP tahun ini mendapat kuota beasiswa KIP lebih dari tahun lalu. Nanti akan kita bagi merata ke semua fakultas,” pungkasnya.

Selain itu, Program diploma juga dibuka di Sawahlunto, yakni Teknik Otomotif dan D3 Pertambangan. Sedangkan untuk daerah Pesisir Selatan (Painan), program studi yang dibuka yakni Teknik mesin dan Teknik otomotif. untuk Padang Pariaman, program studi yang dibuka yakni Keperawatan.

Sedangkan program D3 lainnya yang dibuka di Padang, yakni Informai perpustakaan dan Kearsipan, Teknik Sipil, Teknik Otomotif, Akuntansi, Manajemen perdagangan, Akuntansi, Manjemen pajak, Tata Boga konsentrasi Kuliner Minang dengan Pemerintah Kota Payakumbuh,tambah Ganefri.

UNP memiliki 106 program studi yang tersebar di 8 fakultas dan 40 jurusan serta program pasca sarjana. Untuk Prodi S1 ada 54 prodi, D4 ada 4 prodi, D3 ada 16 prodi, dan selebihnya pascasarjana. Sedangkan untuk program S2 ada 23 program studi dan S3 sebanyak 10 program studi.

Diakui Ganefri, untuk jurusan favorit masyarakat masih PGSD dan manajemen serta akuntansi. Hal ini terlihat dari banyaknya peminat yang mendaftar melalui jalur undangan dan SBMPTN.(In/dan)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!