Breaking News

February 23, 2023

Bupati Pessel Akan Copot Kepala Sekolah yang Masih Pungut Uang Komite

                                                         25 Februari 2023

FS.Pessel(SUMBAR)-Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar peringatkan kepada Sekolah-sekolah yang masih melakukan pemungutan biaya mengatasnamakan iuran sebagai pengganti uang komite.


"Saya sudah perintahkan Kadis Pendidikan, bagi sekolah yang masih melakukan pemungutan, pecat aja kepala sekolahnya," tegas Bupati saat memberikan arahan di acara Musrenbang, Rabu (25/02).

Rusma Yul Anwal melanjutkan, sudah hampir dua tahun program pendidikan gratis Pesisir Selatan itu secara resmi diluncurkan. Namun, masih ada rupanya uang apalah namanya diberatkan ke para siswa. 

Ia mengatakan, Wali murid sering dibebankan biaya untuk keperluan sekolah, dengan berbagai dalil yang dilakukan oleh komite sekolah, kesepakatan bersama. 

“Sesuai dengan Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016, menegaskan bahwa Komite Sekolah, baik perseorangan maupun kolektif, dilarang melakukan pungutan dari peserta didik atau orang tua/walinya, apalagi ini masih usia wajib belajar 9 tahun," kata Bupati

Diketahui,  bahwa program pendidikan gratis yang digulirkan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan itu merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) generasi penerus bangsa yang berakhlak dan beriman. 

"Dimana, generasi muda tersebut merupakan aset masa depan bangsa," tutupnya

Bupati menjelaskan berbicara tentang pendidikan, bukanlah hal yang sederhana. Oleh karena itu, pendidikan harus dipandang secara komprehensif dan pendidikan merupakan investasi jangka panjang. 

Artinya, dalam membangun pendidikan tidak sama dengan membangun fisik bangunan, dimana hasilnya langsung dapat dilihat. Tetapi pendidikan, hasilnya baru bisa dilihat 3 sampai 5 tahun, bahkan 10 tahun yang akan datang.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!