Breaking News

Tuesday, February 28, 2023

Pasar Seni Padang Panjang Segera Diresmikan


FS.Padang Panjang(SUMBAR)- Pasar Seni Padang Panjang dijadwalkan akan diresmikan Wali Kota  H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano pada 11 Maret mendatang. 


Rangkaian kegiatan tersebut akan dimulai dari Galeri UMKM di pedestrian Pasar Pusat, kemudian dilanjutkan dengan arakan gandang tambua menuju lokasi Pasar Seni. Yang akan diisi dengan berbagai pertunjukan tari dan musik seperti biola, gitar akustik dan beberapa pertunjukan musik tradisional seperti talempong pacik dan rabab yang melibatkan beberapa sanggar dan seniman Kota Padang Panjang. 


Selain itu, acara launching tersebut juga akan diisi podcast bersama Wako Fadly yang akan langsung dipandu seniman teater, Mak Itam.


Hal ini terungkap dalam perbincangan Kominfo dengan beberapa seniman pegiat Pasar Seni Padang Panjang di antaranya, Hamzah, M.Sn, Junaidi Rajab, S.Ds, M.Sn,  serta Edi Satria, M.Sn (Mak Itam) di Art Galeri Pasar Seni, Senin (27/2).


Hamzah menyampaikan, kendati Pasar Seni Padang Panjang ini belum diresmikan, namun sudah mulai mendapat antusias yang luar biasa dari masyarakat dan siswa untuk berkunjung.


"Pasar Seni nantinya akan beroperasi dari jam 4 sore sampai jam 11.00 malam. Kita berharap Pasar Seni ini menjadi brand Padang Panjang sebagai kota seni. Tujuan Pasar Seni agar menguntungkan bagi siapa saja. Tidak hanya sekadar menjual karya mendorong transaksi, menjual barang seni dan kerajinan, tetapi juga sebagai edukasi seni, sumber informasi kebudayaan, literasi serta rekreasi, tempat pertemuan antara pelaku seni dan penikmat seni," ungkapnya.


Melalui Pasar Seni pihaknya mengajak seniman untuk aktif berkarya. Selain itu di Pasar Seni juga akan ada beberapa kegiatan edukasi yang sifatnya komersil seperti melukis dan musik.


"Bisa saja nanti berbagai tokoh politik berbicang-bincang nongkrong di sini. Kita hanya mampu bekerja di dalam, di luar ini tentunya kita butuh dukungan dari berbagai pihak di kota ini," tuturnya.


Pihaknya berkomitmen akan tetap konsisten untuk menghidupkan gairah di Pasar Seni ini. "Kita sengaja menggaet Pak Junaidi di bidang karawitan serta Mak Itam di bidang teater untuk bisa bersama sama mengembangkan Pasar Seni ini," ungkapnya. 


(Ernawati | Elin | Andes)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!