Breaking News

March 9, 2023

Pemko Sawahlunto Fasilitasi 63 Orang Ibu-Ibi untuk Mengikuti Pelatihan Membatik


FS. Sawahlunto, (SUMBAR) -Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto memfasilitasi 63 orang ibu-ibu dari satu Desa dan tiga Kelurahan untuk mengikuti pelatihan memproduksi batik, yang diselenggarakan dua angkatan Kamis (09/03/2023). 


Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Sawahlunto Tatang Sumarna mengatakan pihaknya menyediakan bahan baku, akomodasi dan transportasi bagi peserta pelatihan itu. 


"Jenis batik yang kita latih untuk diproduksi oleh ibu-ibu ini adalah batik tulis dan batik cap. Dengan instruktur kita adalah kolaborasi dengan Komunitas Batik Arang Sawahlunto," kata Tatang, dalam laporannya saat pembukaan Pelatihan Produksi Batik itu. 


Tatang merinci, peserta pelatihan itu berasal dari Desa Santur, Kelurahan Saringan, Kelurahan Durian I dan Kelurahan Durian II dengan jumlah total 63 orang. 


"Pelatihan ini kita bagi dalam dua angkatan, untuk angkatan pertama jadwalnya pada 09-13 Maret kemudian angkatan kedua pada 14-18 Maret," kata Tatang. 


Walikota  (Wako)  Sawahlunto Deri Asta  membuka secara resmi dalam sambutannya pelatihan tersebut  dan menyampaikan Pemko Sawahlunto memberi perhatian dan keberpihakan pada potensi kain lokal yakni songket Silungkang dan batik. 


"Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan dukungan Pemko terhadap pelestarian dan eksplorasi batik di Sawahlunto. Apalagi dengan pelatihan ini pastinya bermanfaat menambah pendapatan rumah tangga sehingga menjadi salah satu faktor yang menumbuhkan ekonomi," ujar Wali Kota Deri. 


Pelatihan itu sekaligus sebagai penerjemahan dari misi Pemko Sawahlunto nomor dua yang berbunyi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis ekonomi kreatif serta pelatihan-pelatihan kerja. 


Wako Deri Asta berharap dengan adanya pelatihan yang difasilitasi oleh pemko Sawahlunto ini bisa membantu masyarakat/ibuk-ibuk untuk bisa berkarya dan bisa untuk menambah pengalaman kita disaat mengikuti pelatihan tersebut.(ML)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!