Breaking News

March 23, 2023

Pemko. Solok Bersama BPP Susun Program Penyuluhan Tahun 2024

Rapat Penyusunan Program Penyuluhan Pertanian tahun 2024

FS.Kota Solok (SUMBAR)--- Pemko. Solok lakukan rapat penyusunan program penyuluhan pertanian tahun 2024 menghadirkan 20 orang  utusan petani yang merupakan dari kelompok tani di Kecamatan Tanjung Harapan bertempat di Aula BPP setempat, Senin (20/3).


Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Solok yang diwakili oleh Analis Kebijakan Ahli Muda, Fathoni Abdillah.


“Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian seperti halnya Perencanaan Pembangunan yang ideal dimana melibatkan tiga unsur yang dikenal Public Private Partnership (PPP) yaitu pemerintah, masyarakat dan pengusaha/swasta. Penyusunan Programa Penyuluhan juga melibatkan tiga P yaitu penyuluh, petani dan pengusaha sektor pertanian,” jelas Fathoni.


Fathoni juga menambahkan, dalam teori komunikasi (penyuluhan) ada tiga unsur pokok yaitu subjek (yang menyampaikan informasi) dalam hal ini penyuluh, objek yang menerima informasi) dalam hal ini petani dan materi yang diinformasikan.


Pada penyusunan programa ini dibahas materi dan metode penyuluhan apa yang akan disampaikan pada Tahun 2024 yang akan datang dan itu dibahas oleh penyuluh selaku subjek dan petani selaku objek.


Penyusunan Programa ini dipimpin oleh Koordinator BPP Kecamatan Tanjung Harapan yang didampingi oleh Penyuluh yang menangani Programa selaku Sekretaris Tim Penyusun, Lidia Yuliana.


Pembahasan penyusunan ini meliputi sektor tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan dan perikanan. Selain penyuluh wilayah binaan yang aktif membahas programa, petani juga antusias mengeluarkan sumbang-sarannya dalam penyempurnaan Programa Penyuluhan Kecamatan Tanjung Harapan.


Masalah yang dominan dibahas adalah masalah pupuk, budidaya tanaman durian dan tanaman lain yang ada di Kecamatan Tanjung Harapan.


"Salah satu fungsi Penyusunan Programa Penyuluhan, selain menampung aspirasi petani tentang metode apa yang sesuai dengan kondisi lapangan. Juga menyelaraskan program pemerintah di bidang pertanian dengan kegiatan penyuluhan yang dilakukan oleh Penyuluh,". jelas Fathoni (Am/Fs).


No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!