Breaking News

March 10, 2023

Pontren Dar El Qur’an Asri Bungo Belajar Branding dan Manajemen ke Pontren Kauman


FS.Padang Panjang(SUMBAR)-
Rombongan dari Pondok Pesantren (Pontren) Dar El Qur’an Asri Bungo, Provinsi Jambi kunjungi Pontren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang dalam rangka studi tiru, Rabu (7/3).


Kehadiran 12 orang ini disambut hangat Mudir Kauman, Dr. Derliana, M.A beserta jajaran. Ia menjelaskan sistem yang dibangun di Kauman. Pentingnya branding dan manajemen untuk kesuksesan pondok.


Derliana menjelaskan manajemen kelembagaan di Kauman sangat ditekankan pada pengelolaan aset, sumberdaya manusia, dan hubungan dengan pihak luar. 


Rombongan tamu juga diajak untuk mempelajari manajemen kurikulum yang dilakukan dengan sistematis dan kontiniu untuk memastikan program pembelajaran yang terus berkembang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.


“Di sini kita sangat ramah terhadap kecenderungan, ketertarikan, serta kemampuan. Sehingga mereka mengikuti tiga tahapan tes. Pertama placement test, tes minat bakat dan tes tahapan perkembangan,” jelasnya. 


Derliana menyebutkan, khusus untuk placement test hanya diikuti santri Aliyyah untuk menentukan jurusan yang sesuai dengan mereka. Sedangkan untuk tes minat bakat untuk melihat strongest dari setiap anak. Sedangkan tes tahapan perkembangan mampu mengukur apakah anak didik sudah berkembang sesuai dengan pertambahan usianya.


Selain itu Derliana juga menerangkan tiga aspek penting dalam menyusun program santri yakninya intrakurikuler, co-kurikuler dan ekstrakurikuler.


Pimpinan Pontren Dar El Quran Asri Bungo, Muhammad Isha, M.A.Hum mengungkapkan, kerapian sistem dari Pontren Kauman yang mengantarkan langkah kaki pihaknya ke sini. 


“Banyak program diciptakan sehingga tersiar banyak capaian dan ide kreatif yang dimiliki pondok ini. Serta lulusan Kauman yang tak kalah kerennya. Tersebar di berbagai negara” tuturnya seraya berharap mampu mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan di Kauman ini. 


(Ernawati | Elin | Rifki)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!