Breaking News

March 3, 2023

Bupati Suhatri Bur Narasumber Di Padang TV "Piaman Dulu dan Sekarang"

Suhatri Bur Saat Jadi Narasumber di Padang TV

FS.Padang---
Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur hadir sebagai narasumber dalam acara Talkshow Nasional yang disiarkan Live di Padang TV dengan pembahasan tema "Piaman dulu, kini, dan nanti.” 


Dialog Khusus yang menjadi rangkaian acara pembukaan Musyawarah Besar (Mubes) ke VI Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) ini, bertempat di Aula Gubernuran Sumatera Barat di Padang pada Rabu, (01/03).


Acara dialog yang dimoderatori oleh Host Padang TV Nashrian Bahzein ini, juga dihadiri oleh empat narasumber lainnya. Disamping Bupati Suhatri Bur, hadir Mayjen (Purn) TNI Markoni, Anggota DPR RI Jon Kenedi Azis, Anggota DPR RI Sidi Hermanto, dan mewakili Wali Kota Asisten I Setda Kota Pariaman Yaminu Rizal.


Bupati Suhatri Bur dalam paparan materinya menyampaikan, Padang Pariaman itu dulunya dikenal dengan Piaman Lawehnya. Dia menyebut, dari data dan sejarah sebagian besar Kota Padang dulunya adalah wilayah Piaman. Kemudian ada pemekaran dua wilayah, yaitu Kota Pariaman dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.


"Sekarang Padang Pariaman itu terdiri dari 17 kecamatan, 103 nagari dan 600 korong dengan jumlah penduduk 436.129 jiwa," sebutnya.


Di kesempatan yang sama, Suhatri Bur juga mengatakan, disamping luas wilayah, Piaman juga sangat kuat dengan budaya dan potensi sumber dayanya. Katanya, Orang Piaman itu sangat kental dengan falsafah minang adat basandi sara, sara, basandi kitabullah. Sehingga pembangunan Piaman ke depan harus tetap dengan sentuhan agama dan budaya.


"Konsep pembangunan Piaman sekarang dilakukan pada pengembangan infrastruktur dan kreativitas sumber daya manusia yang unggul," tuturnya lagi.


Maka, untuk mendukung itu semua Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman memiliki visi Padang Pariaman Berjaya dengan tujuh prioritas pembangunan. Dia menjabarkan berbagai program dalam visi tersebut. Namun katanya, dalam mewujudkan visi tersebut sangat diharapkan bantuan dan kerjasama semua pihak termasuk warga PKDP di seluruh wilayah Provinsi maupun Kabupaten/kota se Indonesia.


"Dengan ini sangat diharapkan ranah dan rantau bersatu, bersama kita wujudkan Padang Pariaman yang Unggul Berkelanjutan, Religius, Sejahtera, dan Berbudaya," tandasnya berharap.


Kegiatan Dialog Khusus Piaman yang diikuti oleh seluruh DPW dan DPD PKDP seluruh Indonesia ini, diakhiri dengan sesi tanya jawab. Masing-masing ketua DPW atau yang mewakili diberi kesempatan untuk bertanya dan menyampaikan segala persoalan di wilayahnya serta menyampaikan berbagai sumbangan pemikiran terkait tema yang disajikan (rel/fs)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!