Breaking News

March 7, 2023

Wawako Zohirin Sayuti Jamu Makan Malam Peserta Festival Homstay Sumbar




FS. Sawahlunto, (SUMBAR) -Para peserta Festival Homestay Tingkat Sumbar, Jambi dan Riau, yang diselenggarakan di Kota Sawahlunto, dijamu makan malam oleh Wakil Walikota  (Wawako) Sawahlunto Zohirin Sayuti, di Rumah Dinas, pada Selasa (07/03/2023).


"Tadi pagi kita membuka seminar Pengurus homestay tingkat Sumbar di Hotel Khas Ombilin, malam ini kita jamu para peserta dengan makan malam. Harapannya melalui pertemuan-pertemuan ini meningkatkan sinergi dalam membawa pengelolaan dan pelayanan homestay yang semakin baik," kata Wawako Zohirin Sayuti. 


Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti menyebut Pemko Sawahlunto terus berupaya memaksimalkan peran dalam mendorong homestay supaya dapat menyajikan pelayanan yang semakin baik.


"Kalau untuk pembangunan secara fisik kan memang menjadi urusannya pemilik masing-masing, karena homestay itu bukan aset Pemko jadi Pemko memang tidak bisa turut serta dalam pembangunan secara fisik. Namun untuk membangun standar pengelolaan dan pelayanan maka itu bisa kita bantu dengan berbagi seminar, pelatihan, serta cara-cara lainnya," kata Wawako Zohirin Sayuti. 


Wawako Zohirin menilai, homestay telah menjadi bagian yang penting dalam fasilitas pariwisata sehingga keberadaannya harus dikelola secara serius dan berkelanjutan.


Wawako juga berharap disaat jamuan makan Malam ini bisa bertukar pikiran dengan para peserta Festival Homestay untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas yang maksimal untuk homestay yang ada di Sawahlunto maupun di luar Kota Sawahlunto. 


"Kita memperoleh data bahwa untuk di Sawahlunto, tingkat hunian di homestay sering lebih tinggi dari pada tingkat hunian di hotel. Ini menunjukkan tamu/wisatawan telah mempunyai kepercayaan yang tinggi untuk memilih menginap di homestay," kata Wawako Zohirin Sayuti. 


Untuk itu, Wawako Zohirin Sayuti mengarahkan kepada perangkat daerah terkait agar dapat merancang strategi dalam mempertahankan tingkat kepercayaan pengunjung kepada homestay tersebut. 


Hadir dalam jamuan makan malam itu yakni Pimpinan Homestay Trenggano Malaysia, Muhammad Azmi Azis dan Ketua IHSA, Hentje Alvy Pongoh.(ML)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!