Breaking News

April 27, 2023

Sepekan Pasca Lebaran, Berbagai Kebutuhan Pokok di Pessel Masih Stabil

                                                             27 April 2023

FS.Pessel(SUMBAR)-Memasuki enam hari pasca lebaran 1444 H, berbagai kebutuhan pokok di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) masih stabil dan mencukupi.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Pessel, Firdaus, Kamis (27/4) di Painan.

Dijelaskannya bahwa untuk menjaga dan menjamin ketersediaan pangan di masyarakat, pihaknya melalui petugas terus melakukan pemantauan di lapangan dan juga pada semua pasar tradisional yang ada.
 
"Pemantauan terhadap berbagai kebutuhan bahan pokok itu kita lakukan untuk mengantisipasi kelangkaan dan lonjakan harga pasca lebaran. Namun berdasarkan pantauan yang dilakukan oleh petugas di lapangan, berbagai kebutuhan pokok masih stabil dan mencukupi," katanya.

Dia juga menyampaikan bila kekhawatiran terhadap kelangkaan kebutuhan pokok dan melonjaknya harga pasar terjadi, tidak tertutup kemungkinan pasar murah akan digelar kembali melalui koordinasi pihak terkait.

"Namun hingga saat ini berbagai kebutuhan pokok terpantau masih dalam kondisi normal, dan juga mencukupi di daerah ini," ungkapnya.

Ditambahkan lagi bahwa selain pemantauan terhadap ketersediaan berbagai kebutuhan pangan, pihaknya dari jauh hari juga telah melakukan motivasi kepada masyarakat melalui pemerintahan nagari (Pemnag) untuk  memperbanyak Lumbung Pangan Masyarakat (LPM), dan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM).

"Ini kami sampaikan, sebab dengan berfungsinya LPM dan LDPM, maka hasil panen dalam daerah terutama beras, akan tetap tersedia. Di saat terjadi lonjakan harga akibat menipisnya stok pangan, masyarakat Pessel tidak perlu kuatir, karena stok masih tersedia pada LPM dan LDPM  yang ada," tutup Firdaus.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!