Breaking News

May 27, 2023

BEM KM FKG Unand Gelar Kegiatan Donor Danar


FS.Padang(SUMBAR)-
Mengusung tema “Give Blood and Keep The World Beating”, Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (BEM KM FKG) Unand 2022/2023 menggelar kegiatan donor darah sebanyak tiga kali di waktu yang berbeda.

Kegiatan donor darah pertama dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas pada 21 Februari 2023. Kegiatan donor darah kedua diadakan dalam rangka merayakan World Oral Health Day (WOHD) di GOR H Agus Salim Padang pada 19 Maret 2023. Donor darah ketiga kembali diselenggarakan di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas pada 26 Mei 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk dapat membangun kepedulian dan jiwa sosial seluruh mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas dan masyarakat umum di Kota Padang.

Donor darah merupakan salah satu program kerja Departemen Pengabdian Masyarakat (DIMAS) BEM KM FKG Unand yang mana pelaksanaannya bekerja sama dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Padang. Persyaratan dasar untuk ikut serta dalam kegiatan donor darah ini adalah harus sehat jasmani dan rohani, rentang usia 17-65 tahun, membawa KTP atau kartu identitas, berat badan minimal 48 kg, untuk perempuan tidak sedang hamil ataupun menyusui, dan interval donor darah minimal 12 minggu atau 3 bulan sejak donor darah sebelumnya dengan maksimal 5x dalam 2 tahun melakukan donor darah.

Dalam kegiatan ini, BEM KM FKG Unand dibimbing oleh Bapak Surma Adnan, SKM, MM. dan di bawah binaan Wakil Dekan III FKG Unand drg. Eni Rahmi., SP Pros. Kegiatan donor darah yang dilaksanakan di kampus FKG Unand dimulai dari pukul 14.30 WIB hingga 17.30 WIB.

Dikarenakan kegiatan donor darah ini juga dilaksanakan di GOR H Agus Salim untuk masyarakat umum Kota Padang, kegiatan ini dimulai dari pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB ketika masyarakat sedang melakukan kegiatan car free day.

Maka dari itu, mahasiswa FKG Unand membantu untuk mengarahkan masyarakat yang ingin donor darah sekaligus membagikan brosur edukasi tentang kesehatan gigi dan mulut dalam rangka merayakan WOHD.

Untuk kegiatan donor darah pertama disambut antusias oleh KM FKG Unand dikarenakan ada 27 peserta yang mendonorkan darahnya. Terdapat 11 peserta yang bergolongan darah A+, 8 peserta golongan darah B+, 3 peserta golongan darah AB+, 5 peserta golongan darah O+. Pada donor darah kedua, terdata ada 14 peserta yang mendonorkan darahnya, jumlah ini jauh lebih sedikit dari pendonor darah pertama dikarenakan  kondisi dan cuaca  yang kurang mendukung  membuat masyarakat umum Kota Padang yang datang tidak terlalu ramai seperti biasanya.

Terdapat 2 peserta golongan darah A+, 7 peserta golongan darah B+, 1 peserta golongan darah AB+, dan 4 peserta golongan darah O+. Tidak mau kalahnya jumlah peserta pendonor darah yang terdata dikegiatan donor darah pertama dan kedua, pada kegiatan donor darah ketiga yang kembali diselenggarakan di kampus FKG Unand  terdata ada 33 peserta yang mendonorkan darahnya. Terdapat 11 peserta yang bergolongan darah A+, 10 peserta golongan darah B+, 2 peserta golongan darah AB+, 10 peserta golongan darah O+.

“Kegiatan donor darah yang diadakan sudah sangat bagus dan sangat membantu. Akan tetapi, ada baiknya disediakan ruang atau tempat sebagai peletak bed dikarenakan terkadang ada pendonor yang merasa pusing disaat proses transfusi darah yang dilakukan di dalam bus PMI.” Ucap saran dari salah satu petugas PMI Kota Padang.

Kegiatan donor darah ini diharapkan dapat terus berlanjut sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi Negeri dalam bidang pengabdian masyarakat sebagai salah satu langkah yang dapat diambil mahasiswa adalah dengan mengabdi kepada masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan, kegiatan ini  dapat dimulai sejak dini melalui berbagai bentuk aplikasi karya dan bakti.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!