Breaking News

Tuesday, July 04, 2023

BPBD Sumbar Sosialisasikan Kebijakan Kebencanaan di Masyarakat


FS.Padang(SUMBAR)-
Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat Laksanakan Kegiatan Sosialisasi Kebijakan Kebencanaan di Masyarakat angkatan pertama dari tanggal 3-4, Juli 2023, bertempat di Rocky Hotel Padang jalan Permindo Padang, Kota Padang, Sumatera Barat.

Dalam kesempatan ini Fajar Sukma selaku ketua panitia pelaksana sosialisasi melaporkan, Provinsi Sumatera Barat dengan kondisi Geografis, topografis dan geologis menjadikan daerah ini memiliki banyak potensi baik sumberdaya alam, wisata dan ancaman bencana dengan risiko bencana yang tinggi, seperti gempa bumi, tsunami, tanah longsor/gerakan tanah, letusan gunung api, banjir bandang, kebakaran lahan/hutan dan lain-lain.

"Provinsi Sumatera Barat dengan kondisi Geografis, topografis dan geologis menjadikan daerah ini memiliki banyak potensi baik sumberdaya alam, wisata dan ancaman bencana dengan risiko bencana yang tinggi, seperti gempa bumi, tsunami, tanah longsor/gerakan tanah, letusan gunung api, banjir bandang, kebakaran lahan/hutan dan lain-lain," pungkasnya, Senin (4/7/2023).

Karena itu tujuan kegiatan ini dilakukan, guna meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kemampuan masyarakat dan membangun koordinasi antar BPBD di Sumatera Barat, sehingga mampu melaksanakan pendampingan penanggulangan bencana baik pada Pra Bencana, Saat Bencana sehingga meningkatkan peran serta untuk kesiapsiagaan dalam mengantisipasi ancaman bencana hingga tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Dilanjutkan Fajar adapun bentuk kegiatan yang dilakukan adalah penyelenggaraan pelatihan ini difasilitasi dengan narasumber dengan metode curah pendapat, tanya jawab dan diskusi.

Seterusnya Fajar mengatakan jumlah peserta pelatihan adalah masyarakat Kota Padang  sebanyak 50 dan panitia pelaksana serta Narasumber yang berjumlah 15 orang.

Adapun sumber dana Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Kebijakan Kebencanaan untuk masyarakat Kota Padang Provinsi Sumatera Barat tahun 2023 ini adalah Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK) BPBD Provinsi Sumatera Barat, dengan pembiayaan di bebankan pada DPA Badan Penaggulangan Bencana Provinsi Sumatera Barat tahun anggaran 2023. (AdF/Dori)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!