Breaking News

Sunday, September 24, 2023

Kerjasama DPRD Sumbar dengan Perpusnas Pertama Kali di Indonesia


FS.JAKARTA- 
Kedepan kelembagaan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) selain tugas, fungsi dan peran sebagaimana amat UU No 23 /2014 tentang pemerintahan daerah juga ikutserta mendorong keterbukaan informasi publik, membuka ruang demokrasi, dialog aspirasi publik, juga diharapkan sebagai rumah belajar dalam bentuk layanan perpustakaan modren (digital) serta sebagai upaya menanamkan nilai-nilai nasionalisme kebangsaan bagi kalangan aktivis, mahasiswa dan masyarakat Sumatera Barat. 

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Sumbar Supardi, SH lewat pesan singkat melalui Kabag Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Barat, disela-sela pertemuan pembahasan materi kerjasama Perpustakaan Nasional dengan DPRD Sumbar, di Gedung Rapat Perpusnas Jakarta, Jum'at (22 /09/2023) 

Ketua DPRD Sumbar mengatakan, gagasan Rumah Aspirasi dan Edukasi Literasi Rakyat merupakan kegiatan inovasi untuk membuka ruang upaya meningkatkan kreatifitas melahirkan kembali orang-orang cerdas Sumbar melalui layanan perpustakaan bagi anggota DPRD, generasi milenial dan masyarakat.

"Fasilitasi kelembagaan DPRD sebagai ruang dinamika demokrasi, menerima aspirasi publik, juga bagaimana DPRD juga memberikan layanan edukasi literasi pengetahuan baik dalam aktifitas kedewanan juga berperan serta melakukan pencerdasan publik dan masyarakat, meningkatkan sumberdaya manusia di Sumbar," ujar Supardi. 

Kepala Biro Hukum, Organisasi, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Perpustakaan Nasional (Perpusnas), mengatakan kerjasama layanan perpusnas dengan kelembagaan DPRD Sumbar ini merupakan pertama kali dilakukan di Indonesia. 

"Karena ini pertama kali, Perpusnas menilai ini merupakan layanan perpustakaan kekhususan yang nantinya menjadi inspirasi bagi pembangunan daerah. Mendengarkan semangat dan keinginan besar DPRD Sumbar mewujudkan layanan perpustakaan bagi anggota dewan, masyarakat dan publik tentunya menjadi hal penting dalam meningkatkan keilmuan dan kecerdasan sumberdaya manusia Indonesia," ujar Sri Marganingsih. 

Sri Marganingsih menyatakan, kita senang sekali kerjasama ini dilakukan dihadapan rapat paripurna DPRD dalam rangka peringatan Hari Jadi Sumatera Barat ke 78 yang bertemakan Sumbar, Terus Maju Menuju Sejahtera. 

"Ini sebuah semangat mendorong perkembangan literasi, minat baca dan lain-lain sesuai peran, tugas dan fungsi Perpusnas memberikan layanan  perpustakaan secara nasional. Perpusnas telah banyak melakukan kerjasama dengan berbagai pemerintahan daerah, baik provinsi, kabupaten kota,  kementerian, lembaga dan lain-lain," ungkapnya.  

Sri Marganingsih juga menambahkan, setelah materi nota sepahaman ini kita juga akan menindaklanjuti dengan materi perjanjian kerjasama, sehingga dapat ditindaklanjuti sebagaimana mesti. 

"Kita juga berharap kerjasama ini dapat memberikan dampak kemajuan literasi dan perkembangan layanan perpustakaan kepada masyarakat di Sumbar," harapnya.

Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-Undangan Zardi Syahrir, juga menambahkan, kehadiran di perpusnas untuk menyamakan persepsi materi kerjasama Perpustakaan Nasional dengan DPRD Sumatera Barat. 

"Alhamdulilah kita telah berhasil menetapkan beberapa kerjasama yang nantinya dapat kita laksanakan sesuai kebutuhan dari perkembangan layanan perpustakaan dilingkup DPRD Sumbar.
Semangat DPRD Sumbar sebagai Rumah Aspirasi dan Edukasi Literasi Rakyat merupakan semangat besar DPRD Sumbar ikut serta meningkatkan minat baca dan minat menulis serta memberikan wahana pencerdasan masyakar Sumatera Barat yang dahulunya mampu melahirkan banyak tokoh nasional dalam kemerdekaan Republik Indonesia," ujarnya.

Zardi  Syahrir, tambahkan Sumatera Barat memiliki potensi besar pada industri otak (sumberdaya manusia) sejak dahulunya yang berkontribesar dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kerjasama ini diharapkan nantinya DPRD Sumbar tidak saja membuka ruang demokrasi rakyat juga hendaknya DPRD Sumbar juga dapat memberikan nilai-nilai kebangsaan, nasionalisme dan cinta daerah sebagai juga mempersiap generasi emas tahun 2045 nantinya," jelasnya.
 
Penandatangan kerjasama DPRD Sumbar dengam Perpustakaan Nasional akan dilakukan pada acara rapat paripuran istimewa peringatan Hari Jadi Sumbar ke 78 di ruang rapat paripurna DPRD Sumbar yang juga akan disaksian oleh tokoh, pejabat daerah serta ormas partai politik dan kemasyarakatan, gubernur tetangga, bupati dan walikota se Sumbar, perantau dan para undangan lainnya. 

(Hms DPRD Sumbar)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!