Breaking News

September 14, 2023

Mappilu PWI Padang Pariaman Silaturrahmi dengan Ketua Bawaslu

Ketua dan Sekretaris Mappilu PWI Padang Pariaman Bersilaturrahmi dengan Ketua Bawaslu Azwar Mardin

FS.Pauh Kambar --- Ketua dan Sekretaris Mappilu (Masyarakat Dan Pers Pemantau Pemilu) PWI Padang Pariaman, lakukan Silaturrahmi dengan Ketua Bawaslu Azwar Mardin di Kantor Bawaslu Nagari Pauh Kambar Kec. Nan Sabaris pada Kamis (14/09/23).



Dalam pertemuan itu, Ketua Bawaslu Azwar Mardin mengatakan, harapannya agar semua stake holder terlibat dalam pengawasan partisipatif.


"Tentu saja kita memiliki harapan yang tinggi terhadap pengawasan partisipatif dalam proses pemilu. Pengawasan partisipatif adalah keterlibatan aktif masyarakat dalam memantau, mengawasi, dan mengawal seluruh tahapan pemilu,"ujar Azwar


Beberapa harapan yang mungkin dimiliki oleh ketua Bawaslu terkait pengawasan partisipatif meliputi:


• Peningkatan Kesadaran Publik: Ketua Bawaslu mungkin berharap bahwa pengawasan partisipatif akan meningkatkan kesadaran publik tentang pentingnya pemilu yang bebas dan adil. Ini dapat membantu masyarakat lebih memahami peran mereka dalam menjaga integritas pemilu.


• Transparansi dan Akuntabilitas: Melalui partisipasi aktif masyarakat, ketua Bawaslu dapat berharap bahwa proses pemilu menjadi lebih transparan dan akuntabel. Ini dapat mengurangi peluang pelanggaran hukum atau kecurangan.


• Dukungan untuk Bawaslu: Ketua Bawaslu juga dapat berharap bahwa pengawasan partisipatif akan menghasilkan lebih banyak dukungan untuk lembaga Bawaslu dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawas pemilu.


• Pengungkapan Pelanggaran: Dengan partisipasi aktif masyarakat, pelanggaran pemilu dapat lebih mudah terdeteksi dan dilaporkan kepada Bawaslu. Ini akan membantu Bawaslu bertindak lebih cepat dan tepat dalam menangani masalah-masalah tersebut.


• Peningkatan Kualitas Pemilu: Secara keseluruhan, ketua Bawaslu mungkin berharap bahwa pengawasan partisipatif akan berkontribusi pada peningkatan kualitas pemilu, sehingga hasil pemilu mencerminkan kehendak rakyat secara lebih baik.


"Penting untuk dicatat bahwa pengawasan partisipatif memerlukan kerja sama antara lembaga pemantau, pemerintah, dan masyarakat sipil untuk mencapai hasil yang lebih baik dalam menjaga integritas pemilu,"ujar Azwar.


Sementara itu, Ketua Mappilu Padang Pariaman Khairul Koto didampingi Sekretaris Warman menyambut baik harapan yang disampaikan oleh Ketua Bawaslu tersebut.


"Apa yang disampaikan Ketua Bawaslu merupakan keinginan kita bersama dalam menyukseskan Pemilu 2024 Badunsanak di Padang Pariaman,"ujar Khairul


Apalagi lanjut dia, Padang Pariaman kental dengan nuansa persaudaraannya yang kental, dan secara umum Sumatera Barat merupakan barometer demokrasi damai di Tanah Air. 


"Dan yang paling penting mari sama-sama kita melakukan pengawasan partisipatif dalam pesta demokrasi lima tahunan pada 14 Februari 2024. Tentunya dengan melibatkan seluruh stake holder dan lapisan masyarakat,"tutup Khairul (wrm)



No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!