Breaking News

September 21, 2023

Wawako. Solok Ingatkan Point Penting Dalam Rakor Persiapan Penilaian Adipura

Rapat Koordinasi dan Evaluasi Persiapan Adipura di Ruang Rapat Kantor Walikota

FS.Kota Solok (SUMBAR) - Pemerintah Kota  Solok yang diwakili oleh Wakil Walikota pimpin Rakor (Rapat Koordinasi) dan evaluasi persiapan penilaian Adipura di ruang Rapat Kantor Walikota pada Rabu (20/09/23).


Dalam situasi akan dilaksanakan  pemantauan adipura oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mulai bulan Agustus 2023 sampai dengan Maret 2024, dengan kegiatan berupa verifikasi lapangan terhadap sarana dan prasarana pengelolaan sampah dari hulu ke hilir.


Rapat evaluasi ini dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Solok, H. Ramadhani Kirana Putra. Sebelumnya Pembukaan oleh Sekretatis Dinas Lingkungan Hidup, Sisvamedi,  dan dilanjutkan presentasi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Edrizal.


Sambutannya Wakil Wali Kota Solok mengatakan mengucapkan terima kasih atas kehadiran Sekretaris Daerah, Kepala OPD, Camat, Lurah, Direktur Bank Sampah, para Kelompok tani dan Ketua Dasa Wisma Anggrek Kelurahan Tanjung Paku pada rapat ini sehingga bantuan dan kerja sama bisa diharapkan untuk keberhasilan meraih Adipura ditahun ini.


"Adipura merupakan motivasi untuk pengelolaan daerah, penilaian kemungkinan dimulai di awal Oktober, sehingga dari sekarang kita akan mulai untuk membenahi seluruh titik pantau yang ada, seperti TPA Regional, Pasar Raya, Terminal, Bank sampah, Rumah Kompos, Kelompok Budidaya Maggot, beberapa sekolah yang akan dijadikan titik pantau, jalan, taman serta permukiman,"jelas Wawako.


Lanjut nya, untuk pemukiman Laing perlu pembinaan dan pembenahan karena merupakan titik pantau baru, perkantoran, pertokoan, rumah sakit dan Masjid Agung Al Muhsinin. Dana pengelolaan daerah yang dikelola di Kecamatan dan Kelurahan digunakan untuk pengelolaan sampah nantinya.


Wakil Wali Kota mengingatkan agar setiap poin-poin penilaian dapat diperhatikan oleh seluruh stakeholder termasuk OPD terkait sehingga pada saat penilaian tidak terkendala dengan hal-hal yang tidak diinginkan.


Sementara itu Kadis LH mengatakan, persoalan sampah bukan hanya permasalahan Pemko sendiri, namun merupakan permasalahan bersama. “Jadi mulailah benahi sampah dari rumah tangga dengan mengolah sampah itu sendiri, dan kita juga dapat melakukan Goro bersama agar persoalan sampah kita tertanggulangi,“ kata Edrizal.


Dia menambahkan, pembenahan bisa dimulai dari kegiatan Goro bersama melibatkan seluruh OPD.


"Pembersihan Salter dari Batang Lembang ke Jembatan Batik dan Salter Lukah Pandan agar melibatkan Dinas PU. Masing-masing Dinas diharapkan menyiapkan tempat sampah terpilah, dan pembersihan spanduk/ baliho yang tidak terpakai oleh Satpol PP,"ulas nya (Am/Fs).


No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!