Breaking News

October 8, 2023

Dipusatkan di Istana Basa Pagaruyung, Waqaf 1000 Hafidz Ke VIII Sungguh Mengharukan



FS. Tanah Datar (SUMBAR),  - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar kembali menggelar Waqaf 1000 Hafizh, Minggu (8/10/2023) di halaman Istano Basa Pagaruyung.


Kepala Dinas Sosial PPPA selaku Ketua Panitia Pelaksana H. Afrizon menyampaikan, kegiatan Waqaf 1000 hafizh bertujuan mendorong semangat dan minat baca untuk menghafal Al Qur’an untuk mencapai Kabupaten Tanah Datar sebagai Kabupaten Madani.


“Kegiatan Waqaf 1000 hafiz juga bersinergi dan sejalan untuk mendukung Program Unggulan Tanah Datar yakni Program Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah yang nantinya 15 sampai 20 tahun, generasi muda dan pemimpin di Tanah Datar adalah penghafal Al Qur’an,” sampainya.


Dikatakan H. Afrizon, 1000 peserta Waqaf merupakan hasil seleksi dua tahap yang dilaksanakan pada bulan Juli sampai September 2023 dengan mengunjungi kecamatan-kecamatan yang di ikuti sebanyak 1.720 orang.


"Dari 14 kecamatan di Tanah Datar berdasarkan seleksi terpilih sebanyak 28 peserta terbaik yang akan mendapatkan piagam, tropi dan dana pembinaan dari baznaz," ucapnya.


Selain itu, H. Afrizon juga tambahkan lazna tahfiz juga melaksanakan seleksi yang hafalan 3 juz ke atas sampai 30 juz untuk menerima hadiah umroh untuk 7 orang dengan pendaftar sebanyak 882 orang.


"Insyaallah untuk tahun depan juga akan memberangkatkan sebanyak 20 orang hafizh hafizah terbaik untuk umroh yang dibiayai dari donatur," sampainya.


Dikatakannya, seluruh peserta waqaf akan diberikan sertifikat dan medali diserahkan Bupati dan Wabup serta Forkopimda dan pejabat akan diakhiri dengan tausyiah oleh Ustad Dr H Zaidul Amin MA yang merupakan Rektor Universitas Riau.


Sementara, Bupati Eka Putra mengatakan, ia begitu terharu melihat dan menyaksikan semangat generasi muda dan orang tua yang telah mampu berpartisipasi dalam kegiatan Waqaf 1000 hafiz ke VIII tahun 2023 ini.


“Terima kasih atas dukungan semua pihak dan seluruh panitia serta dukungan Lajnah Tahfizul Qur’an, Forum Komunikasi Rumah Tahfizh dan pihak lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu, teristimewa orang tua yang telah mendorong dan membimbing anaknya untuk menjadi seorang hafizh atau hafizah,” ujar Eka.


Diutarakan Bupati lagi, pelaksanaan waqaf 1000 hafiz tahun ini di Istano Basa Pagaruyung  menjadi awal dan penambah semangat untuk menjadi penghafal Al Qur’an yang sejalan dengan Program Unggulan Satu Rumah Satu Hafizh/Hafizah di Tanah Datar.


Untuk Program Unggulan Satu Rumah Satu Hafizh/Hafizah, tambah Bupati Eka, telah terpasang sebanyak 5.125 stiker yang tersebar di berbagai wilayah Tanah Datar.


“Pemerintah Daerah Tanah Datar komit untuk melaksanakan program keagamaan seperti Waqaf 1000 hafiz dan Satu Rumah Satu Hafizh/Hafizah. Alhamdulillah untuk mendukung tercapainya itu, saat ini sudah ada 313 Rumah Tahfiz yang membina para generasi muda untuk menjadi hafizh/hafizah,” pungkasnya.



Adapun 6 Nagari terbanyak dalam memasang stiker pada Satu Rumah Satu Hafizh/Hafizah berdasarkan persentase jumlah KK per Nagari berhak menerima reward dari Rp15 juta sampai Rp3 juta  yaitu Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto sebanyak 13,6 persen, Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan sebanyak 12,6 persen, Nagari Lawang Madahiling kecamatan Salimpaung sebanyak 11,04 persen, Nagari Gunung Rajo kecamatan Batipuh Selatan sebanyak 9,64 persen, Nagari Pitalah kecamatan Batipuh sebanyak 9,55 persen dan nagari Batipuh Ateh kecamatan Batipuh sebanyak 9,34 persen.


Sementara itu, untuk yang terbaik menurut kategori berhak meraih reward umroh yaitu kategori SD/sederajat, atas nama Annisa Naura Azzarah dengan hafalan sebanyak 15 Juz dari Rumah Tahfiz (RT) Arrayan Pariangan. 


Kategori SMP/sederajat, Hafizul Haq  untuk pria  sebanyak 10 juz dari RT Shahibul quran X Koto, sedangkan Putri adalah Kayyisatus Syifa sebanyak 10 juz dari RT Alam Al Wadud Rambatan.


Kategori SMA/sederajat, untuk pria adalah Muhammad Azka Ramadhan  sebanyak 30 juz dari RT SungaiTarab dan Hamdan Amien sebanyak 30 juz dari RT Karamatul Qur’an Batipuh.


Kategori Mahasiswa, Ahdanul Akbar  sebanyak 20 juz dari RT. Nurul Hikmah Sungayang 


Kategori Lansia Annimar sebanyak 5 juz dari RT Syamsa Pariangan.


Saat itu juga hadir Wabup Richi Aprian, anggota DPRD Sumbar, Ketua DPRD Tanah Datar beserta anggota, Forkopimda, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Ketua GOW Tanah Datar Ny Patty Richi Aprian, Ketua IKA DPRD Tanah Datar dan undangan lainnya.ML/Red)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!