Breaking News

February 7, 2024

Peringati Hari Kanker Sedunia, Pemko Padang Adakan Screening Perangi Kanker


FS.Padang(SUMBAR)- Memperingati Hari Kanker Sedunia, Pemerintah Kota Padang mengadakan screening dalam memerangi kanker di Pustu Komplek Balai Kota Padang, Aie Pacah, Rabu (7/2/2024). 

Wali Kota Padang Hendri Septa dalam sambutannya mengatakan bahwa setiap manusia mempunyai sel kanker. Sel kanker itu sebutnya, bisa menjadi baik bagi kesehatan dan bisa membahayakan. 

"Karena setiap dari kita memiliki sel kanker, maka sangat penting untuk menjaga gaya hidup sehat. Dan melalui peringatan Hari Kanker ini kita sosialisasikan dan promosikan gaya hidup sehat untuk warga Kota Padang," tuturnya. 

Ia mengimbau masyarakat untuk mengurangi perilaku yang dapat memicu pergerakan sel kanker membahayakan. Misalnya dengan berhenti merokok, mengurango makanan instan dan kemasan dengan kandungan pengawet yang tinggi. 

"Efek dari kebiasaan buruk ini tidak akan terlihat sekarang. Tapi kita harus mulai mencegah dari sekarang sebelum tindakan pengobatan kita jalani," tuturnya dalam acara yang juga dihadiri Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar. 

Direktur RSUD dr. Rasidin Padang dr. Dessy Susanti menyampaikan peringatan Hari Kanker Sedunia jatuh pada tanggal 4 Februari. Namun pihaknya, melakukan peringatan pada tanggal 7 Februari 2024, dengan diikuti 110 peserta. 

Peserta berasal dari puskesmas se-Kota Padang, rumah sakit, dan Ibu-Ibu dari Dharma Wanita Persatuan Kota Padang. 

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan partisipasi peranan pemerintah dalam penurunan  angka kanker. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, penderita kanker pada tahun 2022 tercatat dengan rasio 136/1.000 orang. 

"Tren penderita kanker terjadi pada usia produktif, untuk penanganan dibutuhkan biaya yang sngat besar. Maka dari itu dalam peringatan kali ini, kita sediakan kegiatan penyuluhan kesehatan, pemeriksaan tiroid, USG, dan pemeriksaan BAJAH (biopsi aspirasi jarum halus)," ujarnya. 

Dalam kegiatan ini Yayasan Kanker Indonesia Cabang Utama Sumatra Barat Ermawati juga menyerahkan secara simbolis bantuan kursi roda bagi penderita kanker kepada Wali Kota Padang Hendri Septa, untuk disalurkan kepada yang membutuhkan.

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!