Breaking News

February 25, 2024

Warga IKGS Sumbar Goro Bersama Bersihkan Pandam Pekuburan Jirek

Suasana warga IKGS Sumbar dan keluarga saat di pandam Pakuburan Jirek yang berlokasi di Subarang Padang, Minggu (25/2/2024). Foto Humas IKGS

FS. Padang (Sumbar) -
Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H, perantau jorong Gurun Nagari Gurun Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar yang tergabung dalam wadah organisasi sosial IKGS (Ikatan Keluarga Gurun Saiyo) mengadakan gotong royong (goro) bersama di Pandam Pakuburan Jirek yang berlokasi di daerah Subarang Padang Palinggam Kota Padang. 

Kegiatan dilaksanakan pada hari Minggu, 25 Februari 2024, tersebut menurut Ketua IKGS Sumbar Feri Fren, yang di damping oleh wakil ketua Venus dan Oskal serta penasehat mak wek, Pandam Pakuburan ini sudah ada sejak tahun 1930 silam, jauh sebelum Indonesia merdeka. 

Artinya usia dari lahan dan pandam pekuburan warga IKGS ini ada jauh sebelum Indonesia merdeka," jelasnya.

Selain itu, jelang memasuki bulan suci Ramadhan, sudah menjadi tradisi bagi warga Jorong Gurun untuk bersama-sama melakukan ziarah dan membersihkan pekuburan.

" Pada saat memasuki bulan suci Ramadhan Pandam Pekuburan ini selalu dibersihkan secara bersama-sama" tambahnya.

Disamping melakukan pembersihan dan ziarah kubur, kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka memperkuat jalinan tali silaturahmi antar sesame warga. Rasa kebersamaan dan kekeluargaan juga muncul di saat itu.

Lebih lanjut disampaikan, warga yang hadir pada tahun ini lebih ramai dari tahun-tahun sebelumnya. Pada akhir kegiatan diadakan doa bersama dan saling berjabat tangan sambil mengucapkan kata maaf, mudah-mudahan kita semua bisa memasuki bulan yang penuh berkah dan penuh dengan pengampunan. 

Semua warga selalu dalam keadaan sehat sehingga bisa melaksanakan puasa di siang hari dan mendirikan malam Ramadhan, sehingga di Hari Raya Idul Fitri nanti kita semua bisa kembali dalam keadaan Fitrah," jelasnya.

Pada kesempatan ini segenap pengurus IKGS Sumbar mengucapkan Marhaban ya Ramadhan, mohon maaf atas segala kesalahan selama ini dalam menjalankan organisasi. Terimakasih juga kami ucapkan kepada semua pihak dan donator yang telah mendukung kegiatan ini, Bersama Kita Bisa.(Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!