Breaking News

March 16, 2024

Bulan Ramadhan Momentum Pengembangan Diri Peserta Didik dalam Beribadah di SMP N 4 Solsel

Kepala UPT SMP Negeri 4 Solsel, Wihardi, S. Pd

FS.Solok Selatan (Sumbar) -
Memasuki hari kedua pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM), UPT SMP Negeri 4 Solok Selatan telah merancang agenda para murid selama Rahmadan 1445 H tahun 2024.

" Kita sudah merancang program PBM selama Ramadhan ini. Sedikitnya ada tiga kelompok kegiatan murid yang akan dilaksanakan selama masa sekolah di bulan puasa ini, " jelas Kepala UPT SMP Negeri 4 Solsel, Wihardi, S. Pd, Sabtu (16/3/2024).

Dijelaskannya, kegiatan murid selama Ramadhan ini ada tiga kegiatan, antara lain Minggu pertama proses belajar mulai masuk pukul 7.30 wib sampai pukul  12.00 wib. Kemudian pada Minggu kedua ada kegiatan tausiah Rahmadan baik yang disampaikan guru Pendidikan Agama Islam(PAI) maupun oleh penceramah yang didatangkan dari luar.

Pada Minggu kedua ini, ceramah atau materi Ramadhan yang akan disampaikan pada peserta didik antara lain penguatan ilmu anak tentang tahfidz, tentang teknik berpidato, serta teknik penyelenggaraan jenazah.

Kemudian pada Minggu ke tiga peserta didik dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba, mulai lomba tahfidz, lomba shalad jenazah dan lomba berpidato.

Selain kegiatan diatas, pada peserta didik juga diharapkan dapat menunaikan berbagai ibadah selama Ramadan di masjid atau mushalla dimana mereka tinggal. 

Hal tersebut di perkuat dengan adanya catatan dan laporan peserta didik melalui buku agenda Ramadhan yang akan disampaikan pada setiap wali kelas peserta didik.

Terkahir Wihardi menjelaskan, kegiatan peserta didik selama Ramadhan ini nanti akan bisa berkembang setelah ada rapat bersama majelis guru nanti. 

" Mungkin akan ada kegiatan lain nanti yang akan dilaksanakan oleh peserta didik" jelasnya 

Artinya kita menjadikan momentum Ramadhan ini sebagai bagian dalam mendorong peserta didik untuk membangun diri mereka, terutama dala melaksanakan ibadah dan praktik ibadah dan budi pekerti," pungkasnya. (Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!