Breaking News

March 8, 2024

Bupati Asahan Ikuti MUSRENBANG RKPD 2025 Provinsi Sumatera Utara

                                                     08 Maret 2024

FS. Asahan (SUMUT)- Bupati Asahan H. Surya, B.Sc. Ikuti Musyawarah Rencana Pembangunan  (MUSRENBANG) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025 yang bertempat di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan, (8/3/2024)

Sebelum tiba di Hotel ada yg berbeda dengan MUSRENBANG kali ini. Rombongan Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Bupati dan Walikota Se-Provinsi Sumatera Utara menggunakan pakaian adat dengan menggunakan transportasi becak.

Pj. Gubernur Sumut Hassanudin akan terus memperkuat hilirisasi dan kewirausahaan tahun 2025. Kedua hal tersebut diyakini dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Sumut. 

Menurut Hassanudin, saat ini perekonomian Sumut belum cukup kuat, karena masih ditopang sektor pertanian. Kontribusi sektor pertanian untuk Produk Domestik Bruto (PDB) Sumut 23,57%, perdagangan 19,23% dan industri 18,1%. 

"Tantangan Sumut ke depannya adalah memperkuat struktur ekonomi melalui transformasi struktural dengan jalur hilirisasi, sehingga ke depan perekonomian kita berciri industri pengelolaan berbasis pertanian," kata Hassanudin, saat membuka Musrenbang RKPD.

Sektor kewirausahaan di Sumut, menurut Hassanudin, masih didominasi pelaku UMKM sekitar 98,87%, sedangkan kategori usaha menengah dan besar masih 1,12%. Hanya saja, besarnya jumlah UMKM tidak disertai kontribusi besar pada perekonomian, karena baru mencapai 46,51%.

"Masih rendahnya produktivitas UMKM tidak terlepas dari persoalan seperti rendahnya akses permodalan, pemasaran dan kualitas SDM, serta terkait teknologi," kata Hassanudin. 

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Sumut Alfi Syahriza mengatakan, Musrembang menjadi forum diskusi untuk penyelarasan program pemerintah. Sehingga pembangunan yang dilakukan selaras antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota.

"Ini bukan kegiatan seremoni, kita menyelaraskan program-program pembangunan di tahun 2025 sehingga apa yang kita cita-citakam bersama tercapai," kata Alfi Syahriza. 

Pada acara ini Pemerintah Kabupaten Asahan mendapatkan penghargaan Terbaik I atas Pencapaian 10 Kabupaten/Kota Terbaik Se-Sumatera Utara dalam Realisasi Anggaran Belanja Tahun Anggaran 2023.

Bupati Asahan berterimakasih kepada seluruh OPD atas kerja kerasnya sehingga mendapatkan penghargaan Terbaik dalam Realisasi Anggaran  Belanja Tahun Anggaran 2023 dan berharap prestasi ini dapat terus terjaga untuk kedepannya.

Tampak hadir mendampingi Bupati Asahan yakni Wakil Bupati Asahan, Forkopimda, Sekretaris Kabupaten Asahan dan OPD.

(TM.P)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!