Breaking News

April 11, 2024

Jamaah Syatariyah Laksanakan Shalat Idul Fitri, Kamis Pagi.

Jamaah Syatariyah Parit Malintang  Saat Menunaikan Shalat Idul Fitri 1445 H di Salah Satu Mesjid Nagari.

FS. Padang Pariaman --- Jamaah Syatariah Kawasan IKK Parit Malintang Laksanakan Sholat Idul Fitri 1445 H/2024 M pada Kamis pagi (11/04/2024).


Lukmanul Hakim Tk Kuning, Salah satu Guru dan Ulama Syatariah di Parit Malintang mengatakan, setelah dilihat bulan pada hari Selasa (09/4/2024) sore, bulan tidak kelihatan, maka dicukupkan bilangan hari puasa Ramadan 30 hari.


"Jamaah syattariah Sumbar menentukan 1 syawal memakai hitungan bilangan takwim qamsiyah dan melihat hilal (bulan) dengan mata telanjang, sesuai tradisi turun temurun, sehingga Idul Fitri 1445 H jatuh pada Kamis (11/04/2024) atau satu hari setelah waktu yang ditetapkan oleh pemerintah,"ujar TK. Kuniang


Pada kesempatan itu pula, Lukmanul Hakim imam dari Surau Istiqomah Parit Malintang mengatakan bahwa tahun ini jamaah telah menyelesaikan puasa Ramadan selama 30 hari.


Lebih lanjut dia mengatakan, sesuai dengan hitungan dan kesepakatan, maniliak atau melihat bulan dilaksanakan hari Selasa, karena cuaca tidak mendukung, hilal tidak kelihatan, maka 1 Syawal Jatuh pada hari Kamis.


"Saat mulai pelaksanaan ibadah puasa juga dilaksanakan dengan cara melihat bulan, yakni 1 Ramadan 1445 H jatuh pada hari selasa, 12 Maret 2024,"ulas Lukman


Kata nya, penentuan awal puasa dan hari raya Idul Fitri tarekat Syattariah dilakukan dengan dua metode, yaitu rukyat dan hisab.


Lebih lanjut, Lukman menjelaskan bahwa salat Ied pada hari ini dilakukan hampir seluruh surau dan masjid di Kabupaten Padang Pariaman.


Terpantau, Sekitar pukul 07.30 WIB, puluhan jamaah dari berbagai kalangan usia terlihat melaksanakan ibadah di surau serta masjid Nagari.


lebaran tahun ini Lukmam mengharapkan datangnya hari kemenangan juga membawa kemajuan dalam kehidupan bermasyarakat, bangsa dan negara. (FS) 


No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!