Breaking News

Monday, June 03, 2024

Praktek Penyusunan Anggaran Rumah Tangga Koperasi


Narasumber Edwar didampingi Oleh Kabid. Koperasi Ermizal



FS. Padang --- Hari kedua Pelatihan Pendidikan dan Perkoperasian, oleh DisdagnakerKop -UKM menghadirkan pemateri dari Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar Edwar, pada Sabtu (1/06/2024) di hotel Rocky Padang.


Dia menyampaikan dasar pendirian koperasi merupakan keinginan dari beberapa orang yang bersepakat bergabung dan mengelola kegiatan serta kepentingan bersama dengan wadah koperasi.


Selanjutnya kata dia, wujud dari kesepakatan tadi dituangkan dalam bentuk Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART). 


Dengan demikian AD dan ART merupakan bentuk dari kesepakatan untuk mengikat dan menjadi pedoman bagi para pihak yang terkait dalam koperasi meliputi segala hal yang berhubungan dengan operasional koperasi.


"AD memiliki suatu kedudukan yang sangat krusial karena merupakan pegangan utama dalam menyusun peraturan-peraturan suatu koperasi. 


Khususnya koperasi yang mendapat pengakuan pengesahan dari pemerintah. Sebagaimana tertuang dalam pasal 7 ayat 1 UU No.25 tahun 1992,"ujar Edwar


Lebih jauh Edwar mengatakan, menurut pasal 23 Undang-Undang nomer 25 tahun 1992 yang berwenang menetapkan AD/ART adalah rapat anggota. Dengan demikian anggota melalui forum tertinggi anggota koperasi menentukan isi, bobot dan kualitas AD ini. 


"Karena alasan tersebutlah anggota harus memahami segala suatu mengenai perkoperasian termasuk hak dan kewajiban menurut UU No.25 tahun 1992 sehingga perumusan AD dapat dilakukan dengan cara yang benar,"ulas dia


Anggaran Dasar Koperasi adalah aturan dasar tertulis yang memuat keterangan sebagaimana dimaksud dalam pasal 8 Undang-undang Nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian.


"Anggaran dasar koperasi hanya memuat ketentuan-ketentuan pokok mengenai tata laksana organisasi, cara kerja, kegiatan usaha, kewajiban-kewajiban, resiko yang harus ditanggung dan keadaan apabila terjadi sesuatu yang menyebabkan berhentinya organisasi koperasi,"tutup Edwar (wrm)







No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!