Breaking News

Peringati HMPI, Kawasan Danau Cimpago Kota Padang Ditanami Pohon Produkti


FS.Padang(SUMBAR)- Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), dan Hari Bakti Pekerjaan Umum serta Hari Dharma Wanita Nasional tahun 2018, Kementerian PUPR bersama Wali Kota Padang dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) memaknai dengan semangat menanam pohon produktif seperti durian, manggis, jambu, rambutan dan mahoni di Taman Edukasi Bencana kawasan Danau Cimpago, Pantai Padang, Senin (17/12/2018).

Dikesempatan itu, Direktur Pengembangan Jaringan Sumber Daya Air (PJSDA) Kementerian PUPR, Edi Juansyah mengatakan, penanaman pohon secara serentak di 34 provinsi di Indonesia merupakan bagian dari pencapaian target pemerintah menanaman 1 juta pohon. Hal itu bertujuan meminimalisir krisis Daerah Aliran Sungai (DAS) dan berkurangnya banjir serta mengantisipasi terjadinya krisis air.

"Penanaman ini bagian dari target pemerintah dengan menanam 1 juta pohon bisa tercapai. Tujuan lain, yakni berkurangnya DAS kritis sehingga dapat mengurangi banjir dan kekurangan air serta masalahnya. Juga, keberlanjutan uumber daya air serta pengisian kembali air tanah (recharge) dapat berlangsung dengan baik, sehingga intrusi air laut dapat terhindarkan, dan penurunan permukaan tanahpun akan terhindarkan,"kata Edi Juansyah.

Wali Kota Padang Mahyeldi dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada pihak kementerian yang sudah melengkapi fasilitas objek wisata Pantai Padang berupa Taman Edukasi Bencana, serta telah memusatkan kegiatan penanaman pohon di Kota Padang.

"Atas nama Pemko Padang, kami menyampaikan terimakasih kepada Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai. Semua itu dapat dinikmati masyarakat tanpa bayaran," ujar Mahyeldi.

Ditambahkannya, dalam waktu dekat Balai Wiyah Sungai (BWS) V Sumatera juga akan membangun air mancur warna-warni di kawasan Danau Cimpago sehingga kawasan ini akan semakin cantik nantinya.

"Menyusul pula pembangunan masjid dari pihak ketiga di ground T Pantai Cimpago menambah indahnya objek wisata ini," sebut Mahyeldi.

Pada kesempatan ini, setelah penanaman pohon, dilakukan pelepasan merpati dan sepasang angsa di kawasan Danau Cimpago. 




# dan | Humas Kota Padang/Zal