Distan Agam Berikan Pelatihan Penyuluhan Pertanian Swadaya - Fokussumatera

Breaking News

Distan Agam Berikan Pelatihan Penyuluhan Pertanian Swadaya



FS.Agam(SUMBAR) - Sebanyak 50 orang Penyuluh Pertanian Swadaya
(PPS) Kabupaten Agam dilatih untuk dapat mengamati dan mengendalikan serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT).

Pelatihan singkat ini dilaksanakan melalui kerjasama antara Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Agam dengan Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) Propinsi Sumatera Barat.

"Pelatihan ini dilaksanakan sebanyak dua angkatan, dengan masing-masing angkatan berjumlah 25 orang", ujar Ir. I Nyoman Karyawan, Kepala Bidang Prasarana Sarana Pertanian dan Penyuluhan, mewakili Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Ir. Isman Imran, M. Si, Kamis, (27/6) di ruang kerjanya.

Dikatakan Karyawan, angkatan I dilaksanakan di BPP Kecamatan Tilatang Kamang, (26/6) dan angkatan II dilaksanakan di BPP Kecamatan Tanjung Raya, (27/6). Adapun narasumber merupakan tim teknis dari BPTPH Sumatera Barat bidang perlindungan tanaman.

Evi Yarnis, yang bertindak sebagai narasumber menyampaikan kiat-kiat mengendalian hama dan penyakit pada budidaya tanaman padi sawah. Salah satunya adalah dengan pemberdayaan musuh alami, pengamatan secara berkala dan pentingnya kelompok yang mempunyai ahli dalam pengendalian hama terpadu.

"Pengamatan OPT merupakan hal penting yang tidak boleh ditinggalkan, karena dengan melakukan pengamatan kita dapat mengetahui keberadaan awal OPT, baik itu intensitas serangan maupun populasi di suatu wilayah", ujar Evi Yarnis.(Defli).