Breaking News

Didi Aryadi : Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Orang Asing



FS.Padang(SUMBAR) - Kewaspadaan terhadap segala dampak negatif yang timbul akibat keberadaan orang asing di wilayah Republik Indonesia, khususnya di Kota Padang perlu ditingkatkan dengan melakukan pengawasan secara berjenjang dari tingkat RT, RW, dan kecamatan. Hal ini dilakukan dalam upaya menjaga keamanan, stabilitas politik, serta persatuan dan kesatuan bangsa.

Demikian dikatakan Asisten Administrasi Pemerintah Kota Padang Didi Aryadi mewakili Wali Kota Padang ketika membuka kegiatan Sosialisasi Pengawasan Orang Asing di Kota Padang di Aula Bagindo Aziz Chan Balaikota Padang Aie Pacah, Rabu (10/7/2019).

“Dengan meningkatnya kejahatan internasional seperti perdagangan manusia, penyelundupan narkoba, pedofilia, cyber crime, pembobolan bank dan sebagainya yang banyak dilakukan oleh sindikat kejahatan internasional, tidak menutup kemungkinan berbagai tindak kejahatan ini juga terjadi di wilayah Indonesia, khususnya di Kota Padang. Untuk itu, kita perlu meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan pengawasan”, jelas Didi.

Sementara itu, Kasubag Tata Usaha Eri Jasman mewakili Kepala Kantor Kesbangpol Kota Padang mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta sosialisasi tentang pengawasan orang asing di Kota Padang.

“Kita perlu mengawasi keberadaan orang asing di Kota Padang, misalnya apakah keberadaan atau izin tinggal  mereka di kota ini telah memenuhi persyaratan dan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Hal ini dilakukan agar keamanan kota ini tetap terjaga”, tutur Eri dihadapan 130 orang peserta sosialisasi yang terdiri dari perwakilan RT, RW, tokoh masyarakat dan ormas di Kota Padang.

Materi sosialisasi diberikan oleh narasumber yaitu Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat Nazwir, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang diwakili oleh Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Indra Sakti Suhermansyah, Kepala Badan Intelijen Daerah Kota Padang Budiman, dan Camat Padang Barat Eri Sendjaya.

Pewarta: Betti Dasaisa