Breaking News

45 Anggota DPRD Kota Padang Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

                                                                                                                                 14 Agustus 2019


FS.Padang(SUMBAR) - Sebanyak 45 orang calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang terpilih, resmi dilantik dan dikukuhkan sebagai Anggota DPRD Kota Padang untuk periode masa jabatan tahun 2019-2024. Mereka diambil sumpah dan janjinya dalam Rapat Paripurna yang dilangsungkan di Gedung DPRD Padang, Rabu (14/8).

Pelantikan pun berjalan dengan tertib dan khidmat dengan disaksikan Wali Kota Padang Mahyeldi, Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa serta pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang periode sebelumnya. Juga hadir unsur Forkopimda, Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Harneli, Ketua GOW Kota Padang, Genny Putrinda, pimpinan OPD di lingkup Pemko Padang serta stakeholder terkait lainnya.

Wali Kota Padang Mahyeldi membacakan sambutan Gubernur Sumbar menyampaikan, pelantikan ini menandai sebagai sebuah titik tolak baru dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat Kota Padang.

"Kini saatnya saudara-saudara Anggota DPRD Kota Padang masa jabatan 2019-2024 melangkah bersama untuk mewujudkan janji-janji untuk mencapai kesejahteraan rakyat di Kota Padang. Oleh karena itu, peran DPRD sebagai lembaga legislatif di daerah dengan tugas legislasi, anggaran dan pengawasan yang dijalankan dalam kerangka representasi rakyat di daerah, memegang peranan yang sangat strategis dalan menentukan keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah," sebut Mahyeldi.

Mahyeldi juga mengemukakan bahwa saat ini Kota Padang masih dihadapkan kepada pemenuhan kebutuhan kehidupan masyarakat secara lebih layak, kerawanan bencana, stabilitas keamanan serta keharusan dalam menjaga kearifan lokal sebagai ciri khas daerah yang menjadi landasan pelaksanaan otonomi daerah.

"Kami memberikan apresiasi atas kebersamaan yang telah dibangun antara pemerintah kota dan DPRD Kota Padang periode 2014-2019 selama ini, yang secara nyata telah mampu menyelesaikan sebagian permasalahan di Kota Padang melalui berbagai aktifitas pembangunan yang terencana dan terlaksana dengan sinergi diantara semua pihak. Kami berharap, kiranya kebersamaan tersebut mampu ditingkatkan oleh Pemko Padang bersama seluruh Anggota DPRD Kota Padang masa jabatan 2019-2024," harapnya.


Wakil Ketua Pengadilan Negeri Padang  memimpin Pengucapan Sumpah dan Janji sebagai 45 DPRD Kota Padang disaksikan pemuka agama Islam, Kristen, Katolik dan Budha.

Sebelumnya pembukaan Rapat Paripurna DPRD Kota Padang oleh Ketua DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti di ruang sidang utama Gedung Bundar Sawahan 50 Padang.

Sebelumnya rapat paripurna didahului dengan pembacaan doa dan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

SK Gubernur No 171/   /VIII-2019. Sumbar tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Kota Padang periode 2019-2019 dan Peresmian  Pengucapan Sumpah dan Janji Anggota DPRD Kota Padang periode 2019-2024.

Sekwan Padang membacakan Sekretariat DPRD menyiapkan empat naskah Sumpah dan Janji Dewan menurut agama yang di anut oleh wakil rakyat. Diantara 45 anggota dewan yang mayoritas beragama Islam, Kristen, Katolik dan Budha.

Pada daerah pemilihan Padang I Kecamatan Koto Tangah yaitu tiga kursi dari Partai Keadilan Sejahtera yaitu Muharlion, Pun Ardi dan Andy Wijaya. Dua kursi untuk Gerindra Delma Putra dan Manufer Putra Firdaus.

Satu kursi masing-masing untuk Golkar ditempati Jumadi, Partai Persatuan Pembangunan Yuhilda Darwis, Partai Demokrat Mukhlis, Partai Amanat Nasional Rustam Efendi dan PDI Perjuangan ditempati Wismar Panjaitan.

Daerah pemilihan Padang II Kecamatan Kuranji Pauh, Partai Gerindra mendapatkan tiga kursi yakni Syafrial Kani, Donal Ardi dan Musni Zen.

Partai Keadilan Sejahtera mendapatkan dua kursi ditempati Ja'far dan Rafdi ST. Beberapa partai mendapatkan satu kursi yakni Golkar ditempati Zulhardi Z Latif, Partai Berkarya Zalmadi, Partai Amanat Nasional Yandri, Partai Demokrat Salisma dan Partai Persatuan Pembangunan Dasman.

Setelah itu di daerah pemilihan Padang III meliputi Kecamatan Lubuk Begalung, Lubuk Kilangan dan Bungus Teluk Kabung Partai Gerindra mendapatkan tiga kursi yang ditempati Elly Trhisyanti, Dewi Susanti dan Amran Tono.

Sementara Partai Amanat Nasional mendapat dua kursi untuk Jupri dan Asrizal. Hal yang sama juga didapatkan Partai Demokrat dengan dua kursi yang ditempati Nila Kartika dan Surya Jufri.

Sedangkan beberapa partai hanya mendapat satu kursi seperti Partai Keadilan Sejahtera ditempati Edmon, Partai Persatuan Pembangunan Murikhwan, dan Partai Golkar ditempati oleh Miswar Jambak.

Kemudian untuk daerah pemilihan Padang IV Kecamatan Padang Timur dan Padang Selatan Partai Amanat Nasional mendapatkan dua kursi untuk Amril Amin dan Irawati Meuraksa selabihnya setiap partai hanya mendapatkan satu kursi.

Partai Berkarya ditempati oleh Helmi Moesim Ay, Partai Demokrat ditempati Ilham Maulana, Partai Keadilan Sejahtera untuk Muhidi, Partai Gerindra Boby Rustam dan PDI Perjuangan Meilasa Waruwu.

Terakhir di daerah pemilihan V Kecamatan Padang Barat, Padang Utara dan Nanggalo Partai Gerindra mendapatkan dua kursi yang diduduki Syafrial Kani dan Budi S. Partai Keadilan Sejahtera juga mendapat dua kursi untuk Arnedi Yarmen dan Djunaidi Hendri.


Selebihnya setiap partai hanya mendapatkan satu kursi seperti Partai Nasdem diduduki Osman Ayub, Partai Amanat Nasional Faisal Nasir, Partai Demokrat Azwar Siry dan PDI Perjuangan Iswanto Kwara.

Sekwan membacakan SK Pimpinan DPRD Kota Padang Sementara, berdasarkan usulan pimpinan sementara Syahrial Kani, SH dari Partai Gerindra Arnedi Yarmen S.pd dari PKS

Adapun unsur pimpinan DPRD Kota Padang sementara langsung diumumkan, yakni menunjuk Syafrial Kani dari Partai Gerindra sebagai Ketua dan Arnedi Yarmen dari PKS selaku Wakil Ketua. Hal ini sesuai usulan dari Partai masing-masing sebagai Parpol yang memperoleh Kursi terbanyak.

Berikut nama-nama Anggota DPRD Kota Padang Periode 2019-2024 :

Dapil 1 (Koto Tangah)
1. Muharlion (PKS)
2. Delma Putra (Gerindra)
3. Mukhlis (Demokrat)
4. Rustam Efendi (PAN)
5. Pun Ardi (PKS)
6. Manufer Putra Firdaus (Gerindra)
7. Jumadi (Golkar)
8. Yuhilda Darwis (PPP)
9. Andi Wijaya Kusuma (PKS)
10. Wismar Panjaitan (PDIP)

Dapil 2 (Kuranji, Pauh)
1. Syafrial Kani Gerindra
2. Jafar (PKS)
3. Yandri (PAN)
4. Salisma (Demokrat)
5. Donal Ardi (Gerindra)
6. Dasman (PPP)
7. Rafdi (PKS)
8. Zulhardi Z. Latif (Golkar)
9. Muzni Zen (Gerindra)
10. Zalmadi (Berkarya)

Dapil 3 (Lubuk Kilangan, Lubuk Begalung, Bungus Teluk Kabung)
1. Elly Thrisyanti (Gerindra)
2. Jufri (PAN)
3. Surya Jufri (Demokrat)
4. Edmon (PKS) (2.376)
5. Dewi Susanti (Gerindra)
6. Miswar Jambak (Golkar)
7. Asrizal (PAN)
8. Amran Tono (Gerindra)
9. Muhkriwan (PPP)
10. Nila Kartika (Demokrat)

Dapil 4 (Padang Selatan, Padang Timur)
1. Amril Amin (PAN)
2. Muhidi (PKS)
3. Boby Rustam (Gerindra)
4. Ilham Mulana (Demokrat)
5. Meilasa Waruwu (PDIP)
6. Helmi Moesim (Berkarya)
7. Irawati Meuraksa (PAN)

Dapil 5 (Padang Barat, padang Utara, Nanggalo)
1. Arnedi Yarmen (PKS)
2. Mastilizal Aye (Gerindra)
3. Faisal Nasir (PAN)
4. Iswanto Kwara (PDIP)
5. Azwar Siry (Demokrat)
6. Djunaidy Hendry (PKS)
7. Budi S. (Gerindra)
8. Osman Ayub (Nasdem)

(Humas/David / Ady)