Laksmana TNI Davit Santoso "Pandeka Lauik Sati" Nakhoda Baru Lantamal II Padang - Fokussumatera

Breaking News

Laksmana TNI Davit Santoso "Pandeka Lauik Sati" Nakhoda Baru Lantamal II Padang



FS.Padang(SUMBAR) - Demi adanya penyegaran dan munculnya ide ide baru serta kreatif dilakukan pergeseran atau mutasi dalam suatu organisasi, Lantamal II Padang melakukan pergantian Komandan dari Laksmana TNI Agus Sulaeman kepada Laksmana TNI Davit Santoso pada Jumat pagi, (23/8) di Lapangan Apel Markas Komando ( Mako) Pangkalan Utama TNI AL( Lantamal) II Padang Jalan Bukit Peti Peti yang diiringi dengan pelaksanakan parade serah terima jabatan.

Acara sertijab yang di hadiri Forkopimda Provinsi Sumatera Barat, Satuan samping, unsur Maritim, Tokoh Masyarakat serta Beberapa kepala Daerah. Diantara pejabat Forkopimda yang hadir, Kapolda Sumbar Irjen Polisi Drs Fakhrijal S.H., M.H, Danrem 032/WBR  Brigjen Kunto Arif Wibisono, Danlanud Sutan Syahrir Kolonel Pnb Purwanto Adi Nugroho, Walikota Padang Mahyeldi Ansyarullah. S.P.  Walikota Pariaman Dr Genius Umar. Msi. Wakil Bupati Pariaman, dari internal TNI AL, Komandan Gugus Tempur Armada 1 Laksamana Pertama TNI Irvansyah, Brigadir Jendral Marinir Hermanto, Asintel Koarmada 1, Kolonel Laut (P) Edi Krisna, Aspers Koarmada 1, Kolonel Laut (P) Apri Suryanta, Wakil Komandan Lantamal Kolonel Marinir Wurjanto M. Han., Asisten, Dansatrol, Kasatker, Para Pamen, Pama, serta tokoh masyarakat dan undangan lainya.

Bertindak pada acara sertijab pagi tadi, Panglima Komando Armada 1, Laksamana Muda TNI Yudo Margono S.E., MM. pasukan upacara terdiri dari 1 Pleton Korsik Taruna Poltekpel, 1 Pleton Pama Lantamal, 1 Pleton Pomal Lantamal, 1 Pleton Bintara Lantamal, 1 Pleton Tamtama, Lantamal, 1 Pleton dari Yonmarhanlan. 1 TNI AD, 1 TNI AU, 1 Pleton Polri dan 1 Pleton PNS Lantamal, Komandan Upacara ( Dan Up) Letkol Laut ( PM) Mustahal yang sehari hari menjabat sebagai Pabandalpers( Perwira Pembantu dan Pengendali ) di Staf Personalia Lantamal.

Prosese sertijab di awali dengan pengambilan sumpah pejabat baru, dilanjutkan dengan penandatangani fakta integritas. 
Dalam Sambutanya Irup menyampaikan, serah terima jabatan yang dilaksanakan saat ini memiliki makna yang penting dan strategis. Hal ini merupakan perwujudan dari proses pembinaan organisasi, sehingga pergantian ini diharapkan dapat menjadi momentum peningkatan pembinaan organisasi ke arah yang lebih baik. Dengan penyerahan tongkat komando ini merupakan proses yang bertujuan untuk memantapkan kualitas kepemimpinan dan mengembangkan kemampuan manajerial serta memperluas wawasan.


Dengan situasi keamanan perairan Nasional yang kondusif, hal ini berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dalam menunjang pembangunan nasional khususnya di bidang maritim sebagai contohnya dapat kita lihat kehadiran kapal-kapal besar yang akhir-akhir ini. 

Stabilitas keamanan laut Sumatera Barat ini bukan hanya tugas semata dari TNI AL semata, namun ini merupakan tanggung jawab kita bersama, demikian Pangkoarmada I Laksamana Muda Yudo Margono. S.E., M.M pada saat amanatnya dalam acara serah terima jabatan Danlantamal II Padang pagi tadi.

Ditempat yang sama, diadakan prosesi pelepasan kepada Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman. M.Sc diawali dangan penyerahan kemudi kapal kepada Laksamana Pertama TNI Davit Santoso. Penyerahan kemudi kapal mengisyaratkan bahwa. kepemimpinan Lantamal II Padang, dipegang oleh Laksamana TNI Dafit Santoso. Setelah dilakukan pelepasan dengan di dampingi Danlantamal beserta ibu. di antarkan sampai keluar penjagaan Lantamal. Selanjutnya Danlantamal yang merupakan orang nomor satu di Lantamal II Padang, sebagai Komandan baru, di gendong oleh para pandeka lauik sati masuk ke markasnya pandeka. 

Ini merupakan menjadikan suasana yang membanggakan bagi para pandeka lauik sati yang menggendong Komandanya masuk markas. Sampai di depan loby Mako, Danlantamal diturunkan dan langsung menyampaikan taklimat awal kepada seluruh prajurit. Saya merasa bangga dapat berada di tengah kalian, dan pesan saya hanya satu, laksanakan tugas dengan ikhlas. Demikian taklimat awal yang di sampaikan oleh Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso pada akhir prosesi penerimaan sore tadi.

#Dispen Lantamal II Padang.