Breaking News

Pemko Padang Raih Anugerah Humas Indonesia 2019, Kategori "Terpopuler di Media Online"



FS.Tangerang(BANTEN) - Kota “Seribu Industri, Sejuta Jasa” menjadi saksi penyerahan penghargaan Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2019, yang merupakan barometer pencapaian tertinggi kinerja humas pemerintah di BUMN, BUMD, kementerian, lembaga dan pemerintah daerah se-Indonesia. Event tersebut berlangsung di Balaikota Tangerang Provinsi Banten, Jumat malam (30/8/2019).

Ada 5 (lima) kategori yang dikompetisikan yaitu: Pelayanan Informasi Publik Terinovatif, The Best City Branding, Pranata Humas Terbaik, Best Leader PR & Communications dengan penilaian berbasis penjurian dari pakar humas, konsultan/agensi PR, pakar marketing dan pakar branding di Indonesia. 

Sedangkan 1 kategori lagi, yaitu “Terpopuler di Media Online” berbasis penilaian sejumlah eksposure positif tertinggi di media online, dimana Humas Indonesia (Member of PR Indonesia Group) selaku media bagi pelaku Public Relations (humas) di Indonesia dalam penguatan kompetensi kehumasan Indonesia bekerja sama dengan Indonesia Indicator, yang merupakan perusahaan monitoring dan riset media terkemuka di Indonesia melakukan monitoring pemberitaan BUMN, BUMD, kementerian, lembaga dan pemerintah daerah se-Indonesia pada 3.100 media online di Indonesia sepanjang semester I tahun 2019.

Hasil monitoring dan analisis dari Indonesia Indicator tersebut mengantarkan Pemerintah Kota Padang meraih predikat untuk kategori “Terpopuler di Media Online” sub kategori Pemerintah Kota bersama 9 Pemkot lainnya yaitu: Pemkot Balikpapan, Pemkot Bandung, Pemkot Denpasar, Pemkot Makasar, Pemkot Palembang, Pemkot Pontianak, Pemkot Semarang, Pemkot Surabaya dan Pemkot Tangerang. Atas predikat itu, Pemko Padang menerima penghargaan berupa piagam yang diserahkan langsung oleh CEO dan Founder Humas Indonesia, Asmono Wikan kepada Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa.

Asmono Wikan menegaskan, humas saat ini merupakan fungsi strategis manajemen dan elemen penting bagi setiap organisasi dalam membangun citra dan reputasi organisasi.

“Aktivitas humas adalah kerja-kerja strategis yang ditujukan bagi keberlanjutan organisasi. Di era 4.0 humas bukan sekedar lagi institusi yang remeh-temeh, semisal untuk memotret tamu yang datang dan mengkliping tanpa mengembangkan sebuah isu management. Tugas dan peran humas saat ini telah melampaui apa yang kita banyangkan jauh hari sebelumnya. Hari ini dan masa datang humas adalah think-tank nya organisasi, humas adalah agregator kepentingan dalam sebuah organisasi, untuk kemudian mengkreasikan kemana arah reputasi yang akan dituju”, jelasnya.

“Lebih dari itu, di pundak seorang praktisi humas ada tanggung jawab besar untuk mengelola pengetahuan demi membangun peradaban sebuah bangsa, sebab itu dibutuhkan pula sinergi dengan berbagai sektor, plus dukungan pimpinan agar fungsi humas dalam membangun reputasi organisasi bisa terlaksana dengan optimal”, tegasnya.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah yang turut hadir menyambut hangat para tamu penerima peghargaan mengucapkan terimakasih kepada PR Indonesia yang terus mengarahkan pemerintah kota agar dapat membangun komunikasi yang positif, baik terhadap masyarakat maupun internal pemerintah.

“Apresiasi kepada rekan-rekan humas yang terus mendorong berbagai program pemerintah agar bisa dipahami masyarakat dan menumbuhkan partisipasi untuk terlaksananya berbagai program pembangunan”, tutur Arief.

Lebih lanjut dikatakannya, di era media sosial peran humas juga menjadi sangat penting dalam menetralisir hoaks yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Menurutnya, penting untuk berinovasi membangun semangat pembangunan, namun tidak kalah penting untuk menjaga keutuhan NKRI.


Sementara itu, Wawako Padang Hendri Septa yang ditemui seusai menerima penghargaan mengutarakan harapan senada, agar Humas dapat menjalankan berbagai peran strategis saat ini terutama terkait dalam membangun citra dan reputasi Pemko Padang, respon cepat atas perubahan yang terjadi di dalam dan luar organisasi, menyampaikan informasi secara kreatif pada stakeholder dan bersinergi dengan berbagai pihak terkait.

“Alhamdulillah, kita bangga dengan capaian malam ini. Teruslah sampaikan informasi secara baik, semoga dapat menginspirasi yang lain juga untuk berprestasi”, tutur Wawako didampingi Plt. Kabag Humas Setdako Padang Edi Dharma, Kepala Kantor Kesbangpol Kota Padang yang juga mantan Kabag Humas Padang Imral Fauzi dan Sekretaris Dinas Kominfo Kota Padang Tarmizi Ismail.

Plt Kabag Humas Padang Edi Dharma turut mengutarakan harapannya, “semoga penyampaian informasi kegiatan dan kebijakan Pemko Padang yang sudah dijalankan humas melalui media online selama ini, dapat menjadi wadah untuk mengakomodir kritikan dan saran warga demi Kota Padang yang lebih baik, sekaligus implementasi fungsi humas sebagai pengawal reputasi (the guardian of reputation)”, pungkasnya. 

Sebelum meninggalkan lokasi acara, Wawako Padang memenuhi ajakan Wako Tangerang berkunjung ke command center Kota tangerang sebagai ruang kendali dalam memantau beragam aktivitas dan dinamika masyarakat Tangerang. 

Pemkot Tangerang mengembangkan aplikasi LAKSA (Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda) sebagai bentuk keseriusan menanggapi segala aduan, kritik dan saran terkait pembangunan dan pemerintahan. Melalui aplikasi yang dapat diakses langsung oleh masyarakat via smartphone berbasis android tersebut, Wako Tangerang dapat memantau apakah pengaduan masyarakat ditindaklanjuti, berproses atau belum diproses sama sekali. (Betti/HumasPadang)