Breaking News

Pengurus Keluarga Besar Rang Chaniago (KBRC) Agam Dilantik



FS.Agam(SUMBAR) - Keluarga Besar Rang Caniago (KBRC) Kabupaten Agam, gelar silahturahmi akbar sekaligus pelantikan pengurus KBRC Agam periode 2019-2024 di halaman Kantor KAN Lubuk Basung, Minggu (4/8).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, Gubernur Sumatera Barat yang diwaliki Sekretaris Kelautan dan Perikanan Sumbar Desniarti, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, Ketua DPRD Agam Marga Indra Putra, Forkopimda Agam, ninik mamak, alim ulama beserta cadiak pandai, bundo kanduang dan tokoh masyarakat setempat.

Ketua Umum DPP KBRC Edi Riando dalam sambutannya mengatakan, pembentukan kepengurusan KBRC ini, sebagai tindak lanjut dalam mengumpulkan seluruh rang Caniago di berbagai daerah dalam naugan Keluarga Besar Rang Caniago.

“Sampai saat ini di beberapa daerah hingga di negara tetangga, telah memiliki perwakilan masing -masing ,” ungkapnya.

Disamping itu, ia juga berharap denga adanya wadah KBRC ini, dapat menumbuhkan jalinan silaturahmi antar pasukuan rang caniago, dan kedepanya akan ada pertemuan dan kegiatan berkelanjutan yang dilakukan Suku Caniago.

“Diharapkan Kerukunan Suku Caniago dapat menjalin hubungan silaturahminya di kampung maupun di rantau, sehingga hubungan antar pasukuan Chaniago se-Indonesia tak bisa terpecah-pecah atau terpengaruhi oleh pengaruh dari luar,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria dalam sambutannya mengatakan, pembetukan kepengurusan KBRC ini merupakan satu wujud implementasi dari tujuh indikator Gerakan Nagari Madani, yakni suku dan ninik mamak

“Suku dan Niniak Mamak merupakan point penting dalam Gerakan Agam Madani. Untuk itu, dengan terbentuknya kepengurusan KBRC Agam ini, banyak harapan yang tertumpang dari masyarakat khususnya pasukuan Caniago dalam pembangunan Kabupaten Agam,”katanya.

Disisi lain, Ketua KBRC Kabupaten Agam yang baru dilantik, H.Dt. Hitam, mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya dalam mengemban amanah sebagai pimpinan di KBRC Kabupaten Agam.

“Kita akan berupaya menyusun dan menjalankan program-program yang dibuat guna menyatukan seluruh sanak family Rang Caniago di kabupaten Agam. Hal ini sesuai dengan pepatah minang “mangumpuakan nan taserak mangamehkan nan taicia”,”pungkasnya.(def).