Breaking News

August 2, 2019

Wali Kota Padang Launching Pembersihan Bangkai Kapal Nelayan Disepanjang Sungai Batang Arau



FS.Padang(SUMBAR) - Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah melaunching secara resmi kegiatan pembongkaran dan pembersihan bangkai-bangkai kapal nelayan yang ada disepanjang Sungai Batau Arau menuju Pantai Muara Padang, Jumat (2/8) pagi.

Dengan demikian, mulai saat itu hingga ke depan dan seterusnya diharapkan tidak ada lagi kapal-kapal yang non aktif atau sudah tak bisa berfungsi lagi berjejeran di sepanjang sungai tersebut.

"Upaya ini patut kita apresiasi, karena dalam rangka memberikan keindahan, kerapian dan kenyamanan bagi siapapun yang ingin menikmati keindahan sungai Batang Arau. Insya Allah sungai ini akan kita jadikan destinasi wisata baru, karena masuk dalam bahagian rencana kita untuk menghidupkan transportasi sungai di kota ini," ujar Mahyeldi dalam sambutannya pada acara yang dilangsungkan di bawah Jembatan Siti Nurbaya tersebut.

Juga hadir dikesempatan itu Danlantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, serta unsur terkait seperti dari Ditpolairud Polda Sumbar, Pelindo II Cabang Teluk Bayur, Kepala Dinas Kelautan dan Perikan Sumbar dan Padang, Balai Wilayah Sungai Sumatera V serta stakeholder terkait lainnya.

Mahyeldi menyebut, upaya pembersihan bangkai kapal tersebut adalah bahagian dalam mewujudkan konsep wisata marina di Kota Padang. Hal ini sejalan dengan konsep Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Gunung Padang yang digagas Pemko Padang semenjak 2015 lalu.

"Itu makanya, saat ini kita fokus membenahi Sungai Batang Arau ini dimana tahun 2018 lalu kita telah dibantu beberapa pihak. Antara lain Ditjen Cipta Karya, BWS Sumatera V dan lain-lainnya untuk mempercantik kawasan ini. Alhamdulillah upaya itu berlanjut dengan hari ini kita melaunching pembersihan bangkai-bangkai kapal di sepanjang sungai Batang Arau.

Lebih lanjut ucap Mahyeldi, atas nama Pemerintah Kota Padang tentunya bersyukur dan sangat mengapresiasi semua pihak yang saling berkontribusi dalam hal ini. Sebagaimana diketahui, dalam launcing pembersihan bangkai kapal tersebut Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Padang tanpa meneluarkan anggaran dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Padang sedikitpun.

"Karena semuanya alhamdulillah telah dibantu Pelindo II Cabang Teluk Bayur," tukuknya.

Wali kota menambahkan, di samping itu pemko pun juga akan terus melakukan penataan kawasan Sungai Batang Arau ke depan. Dimana hal itu didukung dengan bakal diaktifkannya stasiun kereta api Pulau Air Pasa Gadang tahun ini oleh PT KAI.

"Dengan demikian semoga akan banyak memberikan manfaat dan akan memberikan view dan pesona menarik di kawasan tersebut di masa mendatang.Jadi selain angkutan kota, kereta api kita juga merencanakan angkutan transportasi melalui sungai di Kota Padang ke depan. Baik untuk wisata atau pun 
transportasi. Pasalnya selain Batang Arau juga banyak terdapat sungai-sungai besar di daerah ini," pungkas wako mengakhiri.

Usai melaunching secara resmi kegiatan pembersihan dan bangkai-bangkai kapal di sepanjang sungai Batang Arau tersebut, Wali Kota Padang Mahyeldi bersama Danlamntamal II Padang Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, serta unsur terkait lainnya langsung mempraktekkan pemusnahan bangkai kapal dengan menggunakan mesin sinso.(David/Fsl)

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!