93 Pengungsi di Sentani Sudah Kembali ke Wamena - Fokussumatera

Breaking News

93 Pengungsi di Sentani Sudah Kembali ke Wamena


FS.PAPUA - Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. AM. Kamal mengatakan sebanyak 93 pengungsi di Sentani telah kembali ke Wamena. Pengungsi tersebut diangkut Hercules milik TNI-AU C-130 dengan Reg A-1336 pada Sabtu (12/10/19) pagi.

Kombes Pol AM Kamal menjelaskan 88 diantara para pengungsi tersebut kembali ke rumah masing-masing di Wamena. Sementara lima orang lainnya kembali ke pengungsian sementara di Gedung Tongkonan, Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

“Sebagian besar kembali ke rumah masing-masing dan beberapa diantaranya ke Gedung Tongkonan,” ungkap Kabid Humas Polda Papua.

Arus pengungsi yang eksodus berangsur-angsur mulai kembali ke Wamena. Ribuan orang memilih untuk mengungsi pascakerusuhan yang terjadi pada 23 September 2019 di Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Sejumlah pengungsi memutuskan untuk mengungsi ke Sentani, Kabupaten Jayapura, Timika, Mimika, bahkan ada yang kembali ke kampung halamannya yakni Jawa, Bima, Sulawesi, hingga Maluku Utara.

Sebelumnya Menkopolhukam Jenderal TNI (Purn) H. Wiranto didamping Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol. Prof. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. pada Rabu (9/10/19) telah melepas 106 orang pengungsi kembali ke Kota Wamena, Papua.

Pelepasan dilakukan di Base Ops Lanud Silas Papare Jayapura. Sebanyak 106 pengungsi tersebut sebelumnya keluar dari Wamena pasca aksi kerusuhan yang terjadi 23 September 2019 silam.

Menkopulhukam Wiranto dalam kesempatannya tersebut mengatakan kembalinya ratusan pengungsi ini menandakan bahwa situasi di Kota Wamena sudah aman dan kondusif.

Sumber : tribratanews.polri.go.id

No comments