October 24, 2019

KPHP Limau Unit 7 Ajak Suku Anak Dalam Olah Minyak Kepayang


FS.Sarolangun(JAMBI) - Dengan dibangunnya Kampung Terpadu Madani di Kecamatan Air Hitam yang dikerjakan oleh TNI pada Minggu (20/10), jajaran birokrasi terutama dari Dinas Kehutanan Provinsi Jambi melalui KPHP Limau Unit 7 Sarolangun tentu sangat menyambut baik dengan turut berkontribusi dan melakukan kerja nyata melalui kegiatan pemberdayaan salah satunya mengajarkan suku anak dalam mengolah minyak kepayang dan panen hutan secara lestari.

Pemberdayaan terhadap masyarakat suku anak dalam yang sekarang sudah diajarkan untuk hidup menetap dan berusaha tani agar supaya berpindah-pindah lagi. Namun harus ada kegiatan lanjutan yang dapat menunjang kelayakan hidup bagi Suku Anak Dalam (SAD) agar nantinya mereka bisa hidup layak seperti layaknya masyarakat biasa.

Kepala KPHP Limau unit 7 Sarolangun, Misradi, SP.MSc sangat berterima kasih dan mengapresiasi dengan telah diadakannya kegiatan tersebut, "Ya kami dari KPHP Jambi beberapa waktu lalu mendapat kesempatan untuk belajar bersama atau memberikan pelajaran kepada mereka tentang cara pengolahan hasil hutan bukan kayu, kemudian juga bagaimana cara mengajari mereka mengelolah minyak kepayang dan mengajarkan kepada mereka cara panen madu secara Lestari, higienis dan tentu bisa memenuhi persyaratan untuk dipasarkan"ujarnya.


Misradi menambahkan, dengan digelarnya kegiatan ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi suku anak dalam,dalam rangka peningkatan kapasitas dan pengetahuan mereka juga nanti. Harapannya ada juga alih teknologi yang kita bisa berikan sehingga mereka terbangun keberdayaan mereka untuk mampu hidup layaknya masyarakat biasa.

Terakhir Misradi mengimbau kepada masyarakat suku anak dalam Kecamatan Air Hitam untuk mau belajar dan mau melakukan perubahan untuk memajukan pengetahuan dan perekonomiannya.

"Semoga ekonomi semakin meningkat sehingga cita-cita suku anak dalam bisa hidup layak seperti layaknya kita. Selanjutnya peran semua pihak kiranya dapat terus ditingkatkan dan disinergikan bersama-sama dalam melakukan pemberdayaan masyarakat suku anak dalam "katanya.(ros)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!