Breaking News

Mahyeldi : Pramuka Adalah Wadah Membentuk Sikap Jujur dan Berkarakter



FS.Padang(SUMBAR) - Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan, Pramuka sangat tepat sebagai salah satu wadah untuk membentuk kepribadian dan karakter yang baik bagi generasi muda salah satunya adalah membentuk sikap jujur.

"Kejujuran perlu dibentuk sejak dini agar kedepannya siswa terbiasa untuk bersikap jujur," jelas Mahyeldi saat membuka lomba lagu Bhinneka Tunggal Ika dalam rangka Jambore Ranting Pramuka Kecamatan Kuranji, di Bumi Perkemahan Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan, Sabtu (12/10/2019).

Bineka Tunggal Ika merupakan lagu ciptaan Wali Kota Padang Mahyeldi yang dalam setiap liriknya terdapat pesan moral serta kondisi bangsa yang tidak bisa terpecah belah. Sebelum menyampaikan sambutan, Mahyeldi terlebih dahulu bernyanyi lagu ciptaannya itu bersama peserta lomba. Hadir dalam acara tersebut kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Barlius dan pengurus Pramuka se Kecamatan Kuranji.

Menurut Mahyeldi, kejujuran merupakan sesuatu yang sangat mahal sebab kejujuran dapat menjadikan bangsa ini maju. "Maka itu kegiatan pramuka mengajarkan sikap jujur, baik jujur kepada teman, pembina dan orang lain," tambah Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kota Padang itu.

Selanjutnya,  Mahyeldi juga mengajak generasi muda agar menanamkan sikap rasa bangga kepada pemimpin dan para pendiri bangsa ini. karena Indonesia berbeda suku, bahasa serta memiliki banyak pulau tetapi tetap bersatu dalam bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia. "Kita patut merasa bangga kepada pendiri bangsa karena perjuangan mereka negara ini dapat bersatu dan tidak terpecah-belah," jelas Mahyeldi.

lebih jauh dijelaskannya, Pemerintah Kota Padang terus memberikan dukungan kepada gerakan Pramuka untuk lebih aktif dalam kegiatan, baik di tingkat kota, kecamatan maupun kelurahan. "Kita harapkan kepada bapak ibu guru, kepala sekolah, seluruh anak-anak pastikan terlibat aktif dalam kepramukaan. Apalagi kegiatan pramuka akan digabungkan dengan didikan Subuh. Kita upayakan dapat berjalan sehingga nilai spiritualisme, semangat bela negara tetap bergelora setiap jiwa generasi muda," ujarnya.

Mahyeldi berharap, melalui kegiatan kepramukaan dapat menjadi suatu kekhususan untuk menjadikan bangsa ini kuat.  "Hari ini siswa diberikan keterampilan agar memiliki rasa nasionalisme, rela berkorban, semangat persatuan dan saling bekerja sama satu sama lain agar bisa menjadi pilar kemajuan bangsa ke depan," paparnay mengakhiri. (Muliadi/Humas Padang).

No comments