Masjid Al Jadid Kampung Lalang Diresmikan Walikota Padang - Fokussumatera

Breaking News

Masjid Al Jadid Kampung Lalang Diresmikan Walikota Padang



FS.Padang(SUMBAR) - Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, Rabu (9/10/2019) siang, meresmikan pemakaian Masjid Al Jadid yang berada di Kampung Lalang, Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji. Peresmian rumah ibadah tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Padang disertai penyerahan Surat Keputusan (SK) terkait fungsi dan kegunaan masjid.

Dalam sambutanya, wali kota menyampaikan, dengan diresmikan Masjid Al Jadid ini berarti sudah 641 buah masjid yang sudah diresmikan di Kota Padang.

"Maka itu, semoga bertambahnya jumlah masjid di Kota Padang, akan semakin menggemakan syiar Islam ditengah-tengah kehidupan masyarakat," ungkap Mahyeldi.

Terkait penggunaan masjid, Mahyeldi senada mengimbau khususnya kepada masyarakat setempat, selain digunakan sebagai sarana ibadah masjid juga diharapkan untuk kegiatan sosial seperti mengadakan rapat dan pembinaan bagi generasi muda.

 "Kalau kita lihat pada masa Rasulullah SAW, masjid juga digunakan untuk menghasilkan kesepakatan untuk membangun masyarakat. Maka itu, Pemerintah Kota Padang memberikan apresiasi kepada masyarakat Kelurahan Ambacang dan semua pihak yang telah mendukung pendirian masjid ini. Sehingga dapat dimanfaatkan masyarakat setempat sesuai fungsi dan kegunaannya," jelas wako.

Sementara itu Kasi Bimas Kemenag Padang Sarkoni menjelaskan, saat ini Kota Padang memiliki masjid dan musala sebanyak 1.632 buah, terdiri dari 641 buah masjid dan 991 musala. 

Ia pun juga menghimbau kepada seluruh pengurus masjid dan musala untuk mendaftarkan masjid dan mushalla yang dipimpin melalui situs simas.kemenag.go.id. dengan cara mendatangi Kantor Urusan Agama (KUA) terdekat.  

"Dengan mendaftarkan masjid dan musala kepada situs tersebut, maka masjid dan musala akan terdaftar secara nasional," terangnya. 

Ketua Pengurus Masjid Al Jadid, Khalid Basmala usai peresmian menyampaikan atas nama pengurus masjid dan jamaah mengungkapkan rasa senang dan syukur dengan telah diresmikannya Masjid Al Jadid yang sebelumnya merupakan musala itu. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu dalam pembangunan masjid ini. Kita berharap, setelah beralih fungsi dari sebelumnya musala dan kini menjadi masjid, jemaah akan lebih banyak lagi terutama sudah bisa menggelar salat Jumat di masjid ini,” sebutnya.

Dalam acara tersebut, Wali Kota Padang juga menyerahkan bantuan hibah Pemko Padang sebanyak Rp10 Juta yang diperuntukkan bagi pembangunan Masjid Al Jadid. Selanjutnya wako pun juga berencana akan menambah bantuan sebanyak Rp40 Juta lagi.(Muliadi/ Humas Padang)

No comments