Pemko Padang - India Perkuat Kerjasama Diberbagai Bidang - Fokussumatera

Breaking News

Pemko Padang - India Perkuat Kerjasama Diberbagai Bidang



FS.Padang(SUMBAR) - Wali Kota Padang Mahyeldi menerima kunjungan kehormatan dari Konsul Jendral (Konjen) India yang berkantor di Kota Medan, Sumatera Utara, Mr. Raghu Gururaj di kediaman resminya, Senin (21/10/2019).

Dalam pertemuan penting itu kedua belah pihak terlihat saling membahas beberapa hal. Diantaranya membahas tindak lanjut kerjasama yang telah terjalin sekaligus membicarakan peluang yang akan dikerjasamakan ke depan dalam hal ini 'sister city' (kota kembar-red) yang telah terjalin antara Padang-Chennai, India.

Wali Kota Padang dalam sambutannya menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang sangat menyambut baik kunjungan kehormatan tersebut. Sebagaimana Indonesia dalam hal ini Kota Padang, sudah melakukan beberapa langkah hubungan bilateral dengan India salah satunya menjalin sister city terutama dengan kota Chennai, Provinsi Tamil Nadu. 

"Kerja sama sister city Padang-Chennai ini sudah kita gagas setahun yang lalu tepat November 2018. Dan kita sudah berkunjung ke sana, dan sudah ada beberapa administrasi yang sudah dilakukan dari sisi Pemko Padang melalui berkirim surat ke Pemerintah Kota Chennai dan juga ditembuskan kepada Gubernur Tamil Nadu. Sekarang kita masih menunggu responnya," ungkap wako yang didampingi beberapa kepala OPD terkait dikesempatan itu.

Lebih lanjut Mahyeldi pun mengaku gembira mengingat baik Kedubes India di Jakarta dan Konjen India di Medan telah saling mendukung dengan serius dalam mewujudkan sister city Padang-Chennai. Dimana hal itu terbukti dan ditandai dengan adanya beberapa event yang dilakukan oleh Kedubes India di Jakarta selalu mengundang Kota Padang disertai hal lainnya.

"Termasuk melalui kunjungan Konjen India ke Padang kali ini yang merupakan kali kedua. Ini menunjukkan bahwa memang Pemerintah Negara India juga bersungguh-sungguh untuk mensupport sekaitan realisasi kerjasama Indonesia-India maupun sister city Padang dan Chennai," ucapnya.

Terkait kerjasama Padang-Chennai wali kota mengungkapkan, Pemko Padang telah mengajukan roposal untuk Kota Chennai terkait beberapa poin kerjasama. Diantaranya di bidang 'tourism' atau pariwisata mengingat Padang dan Chennai memiliki kemiripan budaya.

Selanjutnya di bidang perdagangan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan dan lainnya.

"Seperti sama-sama diketahui, India merupakan salah satu negara yang berkembang di bidang IT. Kemudian di bidang kesehatan, kita tahu India lebih maju seperti memiliki rumah sakit swasta yang bernama Apolo Hospital berada di Chennai. Rumah sakit tersebut memiliki sebuah teknologi pengobatan penyakit kanker yang lebih maju dibanding pengobatan teknologi konvensional yang ada di Indonesia. Kita berharap semoga kerjasama di bidang kesehatan ini bisa konkrit  terutama dengan pihak kesehatan atau rumah sakit yang ada di Padang nantinya," ulasnya.

Kemudian tambah wako lagi, sekaitan kerjasama di bidang budaya, di Kota Padang terdapat berbagai tradisi yang dilakukan warga keturunan India salah satunya tradisi 'Serak Gulo' (tebar gula-red). Begitu pun acara yabg digelar Pemko Padang melibatkan kebudayaan India seperti dalam kegiatan Padang Indonesian Ocean Music Festival (PIOMFest) dan Festival Siti Nurbaya yabg digelar tiap tahun.

"Melalui tiga event ini kita harapkan Kota Chennai, hendaknya dapat berpartisipasi," tuturnya didampingi Kabag Kerjasama Setdako, Erwin.

Sementara itu Konjen India di Medan, Mr. Raghu Gururaj  mengungkapkan kegembiraannya bertemu dengan Wali Kota Padang dan jajaran kali ini. Ia pun mengaku sangat kaget melihat ternyata Kota Padang dan India khususnya Kota Chennai telah cukup banyak melakukan langkah-langkah kerjasama dengan lebih konkrit. Termasuk sesuai fakta sejarah di Kota Padang yakni terdapatnya komunitas keturunan India yang hidup dan berkembang di kota itu.

"Saya sangat senang atas sambutan positif dari Wali Kota Padang, bahwa memang hubungan Kota Padang dengan Chennai harus segera ditingkatkan untuk diwujudkan ke depan dengan langkah-langkah yang lebih konkrit. Saya akan siap berupaya memfasilitasinya," tutur Mr. Raghu Gururaj mlalui penerjemahnya Ebiet Kurniawan.

Dalam kesempatan itu juga hadir beberapa kepala OPD di lingkup Pemko Padang diantaranya Plt Asisten Pemerintahan Edi Hasymi, Kadis Pendidikan Barlius, Kadisparbud Arfian dan Kadis Perdagangan Endrizal. (Humas Kota Padang/David)

No comments