Sesmenpora Resmikan Kick Off Piala Presiden E Sport 2020 - Fokussumatera

Breaking News

Sesmenpora Resmikan Kick Off Piala Presiden E Sport 2020


FS.JAKARTA - Sesmenpora Gatot S Dewa Broto turut serta meresmikan Kick Off Piala Presiden E-Sport 2020 bersama Menkominfo Rudi Antara, Kabekraf Triawan Munaf, dan Kepala KSP Moeldoko, di Tenis Indoor GBK Senayan Jakarta Pusat, Minggu (13/10) siang. E-Sport tidak dapat dipungkiri dalam perkembangannya merupakan cabang olahraga baru yang harus terus didukung untuk berprestasi mendunia.

Ada tiga kriteria bahwa E-Sport merupakan bagian olahraga yang keberadaannya semakin dihati masyarakat khususnya digandrungi kawula muda. Pertama, ada kompetisi yang rutin bahkan sudah mulai berjenjang secara internasional. Kedua, para playernya atau atletnya harus memiliki stamina fisik dan pikir yang prima, serta yang ketiga sudah universal ada di seluruh belahan dunia.

"Perlu terus disosialisasikan dan dipahamkan bahwa e-sport adalah olahraga, karena memenuhi syarat sebagaimana sport yang lain, ada kompetisi, ada kompetensi fisik prima, dan sudah universal. Masalah belum ada di UU SKN itu persoalan lain, karena saat pembuatannya belum berkembang. Sudah disiapkan Permenpora, sudah hampir rampung, sebelum SEA Games siapapun Menporanya sudah dapat ditandatangani sebagai payung hukum e-sport," kata Sesmenpora.

Selanjutnya, Kemenpora terus mendukung atlet-atlet berprestasi di ajang singgel maupun multi even, seperti di SEA Games Manila 2019, Asian Games Hangzhou 2022, dan puncaknya pada rencana besar Indonesia tuan rumah Olimpiade 2032.

"Setelah sukses atlet e-sport Indonesia di Asian Games 2018 meski masih ekshibisi, pada SEA Games Manila dari 6 nomor yang dipertandingkan kita targetkan dapat 3 emas. Jika ada yang bertanya tentang bonus walaupun cabor baru nanti sama dengan yang lain," tegas Sesmenpora.

Dengan semakin banyaknya panggung untuk tampil para atlet e-sport, prestasinya kian moncer, e-sport terus didorong agar dapat dipertandingkan di Asian Games Hangzhou 2022, dengan mendulang medali untuk Indonesia, ditambah harapan besar bila nanti Indonesia benar-benar berhasil menjadi tuan rumah Olimpiade, esport setidaknya dapat dipertandingkan dalam ajang eksebisi. Hadir Asdep Olahraga Pendidikan Alman Hudri, Ketua Panitia Giring Ganesha, dan para perwakilan sponsor. (Humas Kemenpora RI/cah)

No comments