Breaking News

Connect With us

December 5, 2019

UNP Beri Penghargaan Doktor Honoris Causa (DR HC) Pada Jusuf Kalla



FS.Padang(SUMBAR) - Universitas Negeri Padang (UNP) memberi penghargaan kepada mantan wakil presiden Republik Indonesia (RI), H. Muhammad Jusuf Kalla dengan memberi gelar doktor honoris causa (DR HC), Kamis (5/12) di ruang auditorium kampus setempat. Penghargaan tersebut diberikan lantaran UNP menganggap, JK sangat berjasa di bidang pendidikan.

“Tim promotor UNP bersepakat memberikan anugerah pendidikan pada Bapak Jusuf Kalla yang kami nilai dan dianggap sebagai seorang tokoh penggagas dan pejuang mutu pendidikan di Indonesia,” kata Ketua Tim Promotor UNP Prof Dr Sufyarma Marsidin.

Sufyarma Marsidin menambahkan , kebijakan -kebijakan JK selama ini banyak memberi keuntungan pada dunia pendidikan, “Melalui kebijakan Bapak Jusuf Kalla yang memiliki kepedulian pada mutu pendidikan sehingga banyak bukti nyata pada mutu pendidikan,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu JK menekankan, mutu pendidikan harus ditingkatkan dari waktu ke waktu. Dia mengibaratkan standar mutu pendidikan dengan olahraga lompat tinggi.

“Peningkatan mutu pendidikan itu ibarat meletakkan galah lompat tinggi. Untuk meningkatkan prestasi ketinggian galahnya secara bertahap ditambah. Sebaliknya, kita agar semua murid dapat lulus atau melewati galah, maka ketinggian galahnya diturunkan jadi mudah agar semua lulus. Kita hanya bisa melompat di ketinggian 1,5 meter sementara negara lain sudah 2 meter,” ujar JK.

Menurut JK, mutu pendidikan berkaitan erat dengan kondisi ekonomi suatu negara. Alasannya, dengan pendidikanlah bisa terlahir inovasi-inovasi baru.

“Ekonomi kita tidak bisa tumbuh dengan baik dan maju. Untuk mencapai kemajuan ekonomi kita perlu meningkatkan Inovasi dan skill, untuk itu kita perlu menggunakan dan mengembangkan teknologi. Semua inovasi dan kemajuan itu hanya bisa dicapai dengan ilmu dan teknologi dan tidak ada ilmu dan teknologi tanpa pendidikan,” ucapnya.

“Pendidikan yang maju hanya bisa dijalankan di negara yang ekonominya baik dan tumbuh, kita tidak bisa berbicara banyak tentang kemajuan pendidikan jika tingkat ekonomi rendah atau tidak atau tidak bertumbuh dengan baik. Sebaliknya, ekonomi yang maju hanya dapat dicapai dengan sumber daya manusia dengan pendidikan yang baik bagi warganya,” tutup JK.

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!