February 23, 2020

Hadapi UN 2020, SMAN 1 Sungai Tarab Undang Motivator Intelektual



FS.Tanah Datar(SUMBAR) - Ujian Nasional  (Ujian Sekolah Berstandar Nasional/UAS BN dan Ujian Nasional Berbasis Komputer/UNBK) sudah di depan mata, ibarat tinggal menghitung hari. Untuk menghadapi sejumlah lembaga pendidikan mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD)/sederajat, Sekolah Menengah  Pertama(SMP)/sederajat dan Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat telah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi UN tersebut. Seperti halnya yang dilakukan oleh SMA N 1 Sungai Tarab.

Menghadapi Ujian Nasional (UN) tahun 2020, SMA 1 Sungai Tarab menghadirkan dua motivator untuk memotivasi siswa yang akan menghadapi UN.Tujuan dihadirkannya motivator ini adalah untuk menyulut semangat siswa-siswi SMAN 1 Sungai Tarab agar lebih giat dalam belajar, berusaha dan berjuang untuk menghadapi UN yang rencananya akan dilaksanakan pertengahan bulan Maret 2020 ini. Kedua Motivator itu adalah  Yasmasyah, S.Ag M.Pd dan Ahmad Anshori, MA.Acara Training Motivator dilaksanakan Sabtu, 22  Februari 2020 di Gedung SMA N 1 Sungai Tarab, Ladang Koto, Nagari Sungai Tarab, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar.

Dalam sambutannya Kepala SMA 1 Sungai Tarab Drs. Buskarnaini Nur, M.Si mengingatkan kepada seluruh siswa-siswinya untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, karena waktu yang tersisa tidaklah banyak lagi.Untuk itu siswa-siawi harus pandai memenejemen waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi detik-detik terakhir dalam menempuh pendidikan Menengah Atas ini.

"Padatnya jadwal yang akan diikuti kelas XII menjelang UN nanti tentu membutuhkan kesiapan fisik dan mental. Ananda harus bisa mempersiapkan diri dari sekarang karena UN adalah penentu dan akhir dari pendidikan di sekolah ini. Mulai Senin depan sudah mengikuti uji coba, setelah itu ujian sekolah dan puncaknya Ujian Nasional yang akan diselenggarakan tanggal 30 Maret mendatang’’ ujar Bulkarnaini.

Bulkarnaini juga menyampaikan  agar motivasi belajar dan nilai UN meningkat maka siswa ditraining dan dimotivasi untuk menfokuskan mereka menghadapi UN nanti. 

"Jangan nanti nilai yang ananda peroleh hanya sekedarnya dan agar ananda tidak malu kalau diijazahnya nanti nilainya rendah. Untuk itu tolong dihayati dan diperhatikan materi yang akan disampaikan motivator kita nantinya agar mendapatkan pencerahan untuk menghadapi UN", pesan Kepsek Buskarnaini.

Sementara itu Direktur Training Motivator Intelektual Kabupaten  Tanah Datar Yasmansyah, S.Ag, M.Pd mengajak siswa untuk meraih cita-cita tidak tergantung kepada orang tua, tapi dari diri sendiri.

"Ada 5 kunci sukses yang harus ananda tempuh agar berhasil UN dan sukses dalam pendidikan,yaitu ‘TAJAM’’’ kata Yasmansyah

Yasmansyah menjelaskan ‘TAJAM’ itu  diantaranya adalah  : Tekad yang kuat;  Ambil hal yang positif dalam diri dan ciptakan hal hal yang positif;  Jauhkan diri dari fikiran negatif yang akan mengganggu konsentrasi belajar seperti selalu didepan TV, main android, keluyuran; Ambil hikmah dari setiap kegagalan, coba lihat kembali 2 tahun yang lalu apakah ananda sudah belajar dengan benar, berapa nilai yang diperoleh dan yang terakhir mantapkan motivasi yang tinggi ", kata Yasmansyah dihadapan 245 siswa kelas XII SMA 1 Sungai Tarab.

Ahmad Anshori, MA juga menambahkan, ‘’disamping itu ridho orang tua, kasih sayang guru, kesungguhan hati dan ibadah kepada Allah SWT juga penentu keberhasilan ananda dalam meraih cita-cita. "Coba lihat susahnya orang tua mencari nafkah untuk menyekolahkan kita dan betapa susahnya guru mendidik supaya kita pintar. Untuk itu mintalah didho dari orang tua dan guru", kata Ahmad Anshori.

Acara ditutup dengan muhasabah dan doa bersama dilanjutkan dengan saling meminta maaf antara siswa dengan guru. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!