February 20, 2020

Kabid Bina Marga PUPR Sawahlunto Tanggapi Keluhan Warga Dusun Sionsek


FS.Sawahlunto(SUMBAR) -  Menanggapi dan menindaklanjuti Keluhan Warga Dusun Sionsek, Desa Kubang Tangah, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat yang mengeluhkan kondisi jalan yang  belum layak dan sebagian besar masih berupa jalan tanah, Pemerintah Kota Sawahlunto tentunya akan meninjau dan mempelajari tentang kedudukan jalan tersebut apakah merupakan kewenangan Kota atau kewenangan Desa.


Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Sawahlunto, Maizir, ST pada, Kamis (19/2/2020) kemaren. Saat disambangi fokussumatera.com di ruang kerjanya, Maizir menjelaskan  bahwa   Dinas PUPR Kota Sawahlunto khususnya Bidang Bina Marga tentu akan mempelajari dulu apakah jalan yang berada di Dusun Sionsek tersebut termasuk kewenangan Jalan Kota atau Jalan Desa.

Jika memang merupakan kewenangan Pemko Sawahlunto, pihaknya bersama Pemerintah Kota Sawahlunto akan mengupayakan anggaran di tahun 2020 ini untuk memperbaiki jalan tersebut.

’’Namun jika jalan tersebut di bawah kewenangan Desa, Pemerintah tetap akan mengupayakan dengan mencari jalan keluar/solusi untuk pembangunannya’’ katanya.

Maizir juga menjelaskan bahwa di tahun 2020 ini akan ada kegiatan pengaspalan di dusun Sionsek.

"Dan tentunya tidak bisa sekaligus semua kita kerjakan karena keterbatasan anggaran. Tapi kita akan upayakan secara bertahap, mana yang lebih penting kita dahulukan’’ kata Kabid Maizir, ST.

Dusun Sionsek merupakan salah satu dusun di Desa Kubang Tangah, yang sebagian besar kehidupan masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani. Menurut keterangan masyarakat setempat yang juga ditemui fokussumatera.com  di dusun tersebut  mengaku  sangat membutuhkan sarana dan prasarana jalan yang layak. 

Kondisi jalan yang selama ini selalu mereka keluhkan karna kebanyakan jalan di dusun Sionsek  masih jalan tanah, baik itu jalan Desa maupun jalan Kota. Kondisi jalan tersebut  berakibat susahnya masyarakat untuk membawa hasil pertanian mereka saat musim panen tiba, ditambah lagi pada musim penghujan jalan menjadi licin.

‘’Apalagi Seperti sekarang Dusun Sionsek musim buah durian dan manggis, tentu kami sangat butuh akses yang layak," kata Safrial tokoh masyarakat di Dusun Sionsek.

Sedangkan, Rice selaku Kepala Desa Kubang tangah yang dikonfirmasi tentang masalah ini di kantornya mengatakan "kalau selama ini masalah terjadi karna pembebasan lahan dan kedepannya sudah bisa kami selesaikan di tingkat  Pemerintah Desa. Insya Allah kedepannya masyarakat sudah mau mengerti dan mau dibebaskan lahannya untuk pelebaran jalan, sehingga kedepannya masalah kondisi jalan yang selalu dikeluhkan masyarakat Desa Kubang Tangah menemui solusi dan titik terang dan dapat segera di bangun dan dimanfaatkan oleh masyarakat’’ kata Rice. .(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!