February 21, 2020

Lestarikan Budaya Minangkabau, Nagari Pauh IX Gelar Kegiatan "Basurah Adat Kematian"



FS.Padang(SUMBAR) - Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat melaksanakan pagelaran "Basurah Adat Kematian" yaitu tata cara menggelar upacara kematian di Minangkabau, Kamis (20/2/2020) malam.

Pagelaran ini sengaja diadakan oleh masyarakat Nagari Pauh IX dalam rangka pelestarian adat Basurah Kematian di Minangkabau supaya tidak hilang tergilas kemajuan zaman. Dan juga sebagai wujud implementasi Adat Basandi Syara', Syarak' Basandi Kitabullah yang menjadi pegangan serta pedoman hidup masyarakat khususnya Minangkabau Sumatera Barat.

Acara pagelaran Basurah Adat Kematian oleh Nagari Pauh IX Kecamatan Kuranji ini perdana diadakan di Kota Padang dan menjadi nagari percontohan adat di Provinsi Sumatera Barat.

Ketua Majelis Permusyawaratan Adat Pauh IX, Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM mengatakan, pagelaran basurah adat kematian ini sengaja digelar sebagai bentuk kepedulian Nagari Pauh IX terhadap adat Minangkabau dan merupakan salah satu bentuk perwujudan dan implementasi dalam melestarikan adat salingka nagari di Pauh IX Kuranji.

“Pergelaran Basurah Adat Kematian ini penting, artinya untuk melestarikan adat istiadat kematian yang ada di Pauh IX. Acara ini merupakan upaya pelestarian adat kematian yang ada di Pauh IX, sehingga tidak hilang ditelan zaman. Apalagi saat ini generasi milenial sudah tidak memahami lagi acara adat di Minangkabau," tutur Irwan Basir.


Irwan Basir menambahkan, pagelaran Basurah Adat Kematian ini digelar selain melestarikan warisan budaya dari para leluhur terdahulu, Basaruh adat ini juga dapat memupuk rasa persaudaraan dan memupuk tali silaturahmi antar masyarakat.

"Acara basaruh adat kematian sangat perlu disosialisasikan secara luas untuk kepentingan bersama, sehingga nagari dalam perkotaan bisa diisi oleh Sendi – sendi adat yang nantinya berperan dan disinergikan dalam menopang program pemerintahan berupa penguatan lokal yang bisa menyelesaikan setiap persoalan di nagari sebagai peran dari ninik mamak, tambah Irwan Basir.

Pagelaran Basurah Adat Kematian ini akan digelar selama Tiga hari yaitu tanggal 20, 21 dan 22 Februari 2020 dan diikuti oleh 10 kelompok dan 9 tepian yang ada di kenagarian Pauh IX Kecamatan kuranji. Pantauan media ini yang hadir dalam acara tersebut antara lain, Walikota Padang yang diwakili oleh Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Arpian, Ninik Mamak, Bundo Kanduang, Ketua Badan Musyawarah Pembangunan Nagari Pauh IX, M. Fikar Datuk Rajo Magek, S. Ag, MM, P. Pd dan Tokoh Adat Pauh IX Kuranji.(dan)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!