Breaking News

February 16, 2020

Untuk pertama kali, Kota Sawahlunto Gelar Festival Durian



FS.Sawahlunto(SUMBAR) - Masyarakat Kenagarian Kubang, Sawahlunto, Sumatera Barat kini mulai melakukan berbagai inovasi untuk melestarikan dan mempromosikan buah unggulan dari Kenagarian tersebut, yakni buah durian. Salah satunya dengan menggelar Festival Durian Kubang, yang dilaksanakan Sabtu 15 Februari 2020 di kawasan Kampung Teleng. 

Digelar untuk pertamakalinya, tak kurang dari ratusan buah durian Kubang dibawa masyarakat untuk memeriahkan Festival Durian Kubang tersebut. Durian tersebut kemudian disuguhkan untuk para tamu dan undangan yang menghadiri acara, sebagian juga disediakan untuk dijual.

Sementara, buah durian yang sudah dipilih terlebih dahulu dan dianggap memiliki kualitas yang 'paten', diikutkan untuk dinilai dalam lomba durian yang menjadi puncak rangkaian acara Festival Durian Kubang ini. Pihak panitia penyelenggara mencatat, ada sejumlah 40 buah durian Kubang yang diikutsertakan dalam lomba tersebut. 

Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kubang, Edrizon Effendi Khatib Bosa mengatakan KAN bersama anak nagari Kubang bertekad bahwa gelaran Festival Durian Kubang ini akan kembali dilaksanakan di tahun - tahun mendatang. Sekaitan dengan itu, Edrizon mengharapkan iven ini bisa disinergikan dengan kelender iven Kota Sawahlunto sehingga kemeriahan dan kualitas acara dapat ditingkatkan. 

"Bagaimana penyelenggaraan Festival Durian Kubang edisi perdana ini nanti kita evaluasi, sehingga untuk digelar tahun depan bisa lebih bagus dan menarik. Yang jelas, untuk tahun depan kita sudah rencanakan agar yang diikutkan tidak hanya buah duriannya saja, tapi juga termasuk produk turunan dari durian Kubang ini," kata Edrizon Effendi. 

Durian Kubang dan Festivalnya itu dipuji dan didukung penuh oleh Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti yang membuka secara resmi Festival Durian Kubang 2020 tersebut. Bagi Zohirin, munculnya inisiatif masyarakat Nagari Kubang sampai menggelar Festival untuk melestarikan dan mempromosikan buah duriannya merupakan kreasi dan prestasi yang perlu diapresiasi dan disupport. 

"Durian Kubang ini kalau untuk rasa tidak perlu diragukan lagi, sekali mencoba orang akan langsung ketagihan untuk memakannya lagi. Durian Kubang ini adalah kekayaan pertanian Nagari Kubang, juga kekayaan Sawahlunto. Karena itu, Pemko Sawahlunto tentu akan mendukung bagaimana durian Kubang ini bisa ditingkatkan kualitas buahnya dan kualitas pemasarannya sehingga manfaatnya bagi pertumbuhan ekonomi petani juga terasa," ujar Zohirin Sayuti. 

Lebih lanjut, Wakil Walikota menyebutkan bahwa melalui Dinas Pertanian, Pemko Sawahlunto memastikan untuk memfasilitasi proses sertifikasi bibit durian Kubang ini. Sehingga ke depan, petani tak hanya menjual buah duriannya saja namun juga turut menjual bibit dari durian yang terkenal dengan baunya tersebut. 

"Kita juga melalui Dinas Pertanian, ini akan melakukan sosiasalisasi kepada petani durian Kubang ini bagaimana betul cara merawat buah durian ini yang baik dan benar. Tentu agar benar - benar berkualitas, ini harus ada ilmunya," kata mantan Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto tersebut. 

Mempertegas pernyataan dukungan Pemko untuk pengembangan durian Kubang itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Sawahlunto Lelis Epriyenti menuturkan bahwa pihaknya saat ini juga sedang melaksanakan proses pengembangan batang durian Kubang melalui sistem sambung. DKP3 bahkan turut menyediakan batang bawaan untuk sistem sambung itu. 

Sementara, untuk lomba buah durian Kubang ini dinilai oleh juri - juri yang memang berkompeten di bidang buah durian. Ada 3 juri yakni Dr. Panca Djarot Santoso (Peneliti durian dari Balai Penelitian Buah dan Tanaman Kementerian Pertanian), Ir. Ni Luh Putu Indirayani (Balitbu Kementerian Pertanian) dan Ir. Abrar Hamdi (UPTD BPSB Sumbar). 

Ketua tim juri, Dr. Panca Djarot Santoso menyebut bahwa untuk urusan rasa buah durian Kubang ini bersaing dan tidak kalah dengan durian lainnya di Indonesia maupun dunia. Namun memang, jika dibandingkan dengan durian lain, biji buah durian Kubang terbilang lebih besar. 

Setelah melewati proses penilaian, Juara 1 lomba durian Kubang didapatkan oleh durian Songgan pemilik Dewi dari Dusun Sumpahan Desa Kubang Utara Sikabu. Kemudian Juara 2 durian Timbago pemilik Rozen dari dusun Polak Datar Desa Kubang Tangah. Untuk Juara 3 durian Timbago pemilik Ilwandi dari Dusun Sionsek Desa Kubang Tangah. Sementara untuk Harapan 1 durian Bungkuak pemilik Andi dari Dusun Balai Tangah Desa Pasar Kubang dan harapan 2 durian Hijau pemilik Mismer dari Dusun Dalimo Gadang Desa Pasar Kubang. *(zz/Yanto)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!