March 7, 2020

Akhirnya, Jalan Raya 'Pakan Akad' Desa Kumbayau Direhab Kembali


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Jalan Raya ‘Pakan Akad’  yang merupakan Jalan Penghubung antara Kota Sawahlunto dan Kabupaten Tanah Datar melalui Nagari Atar yang kondisinya rusak parah dan memprihatinkan, akhirnya di rehab kembali. 

Hal ini merupakan bukti tanggungjawab dan kebijakan Pemerintah Kota Sawahlunto, seperti yang disampaikan Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kota Sawahlunto kepada fokussumatera.com Kamis, 20 Februari 2020 lalu yang mengatakan bahwa ‘’Pemerintah sudah mengambil keputusan dan kebijakan, dan sudah ada rencana pengerjaan jalan tersebut yang Insya Allah akan dilaksanakan minngu depan, dengan swakelola oleh Dinas Pekerjaan Umum.....’’

Baca: Jalan Penghubung Kota Sawahlunto-Kabupaten Tanah Datar Rusak Akibat Pengerjan Dam

Akhirnya hal yang menjadi harapan dan keinginan masyarakat Desa Kumbayau terwjud.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa Kumbayau, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto mengaku merasa sangat senang dengan dimulainya pengerjaan Jalan Raya ‘Pakan Akad’ depan SD Kumbayau tersebut. Kepada fokussumatera.com, Sabtu, 07 Maret 2020 Kades Kumbayau merasa senang dan menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kebijakan Pemerintah Kota Sawahlunto bersama Dinas terkait yang telah mengupayakan perbaikan jalan tersebut.

‘’Jujur selama ini saya merasa sangat khawatir sekali dengan kondisi jalan ini, karena  jalan ini banyak dilalui masyarakat Kumbayau dan sekitarnya yang akan ke Nagari Atar, Kabupaten Tanah Datar," kata Kades Kumbayau.


Ia menambahka, "dimulainya pengerjaan jalan ini merupakan kebahagiaan saya pribadi maupun masyarakat saya sendiri. Sebab jalan ini sangat dibutuhkan untuk transportasi antar Kota Sawahlunto dangan Kabupaten Tanah Datar,  sehingga hasil pertanian di Desa Kumbayau bisa dibawa ke luar dengan lancar. Sementara pengerjaan, jalan akan ditutup sementara waktu agar hasilnya  bisa maksimal," tambahnya.

Sedangkan Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kota Sawahlunto Maizir, membenarkan keterangan Kepala Desa Kumbayau tersebut.

‘’Jalan ini sudah dimulai pembersihan lokasi dan besok sudah mulai didatangkan redemit. Semoga selama pengerjaan tidak ada kendala sehingga bisa selesai tepat waktu’’ kata Maizir.

Sementara masyarakat yang kebetulan ditemui di lokasi pengerjaan jalan mengatakan sangat bangga dan senang dengan dimulainya pengerjaan ini. Ia berharap dengan pengerjaan jalan ini kondisinya kedepan akan lebih baik dan dapat mengurangi resiko kecelakaan bagi pengguna jalan.

"Karena jalan ini merupakan turunan tajam kalau dari arah Talawi dan pendakian kalau dari arah Atar, jadi sangat rawan’’ kata Simu salah satu warga Desa Kumbayau. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!